Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi

Ruang lingkup document ini mencakup seluruh proses quality dari awal, sampai pada material selesai difabrication. Dalam proses ini melibatkan dua department terkait yaitu department fabrication dan QA/QC team. Department fabrication harus memastikan seluruh proses fabrication berjalan dengan baik, dan department QA/QC harus memastikan bahwa kualitas dari fabrication sudah sesuai dengan kontrak yang tertera dan standard client. Sehingga dua department tersebut harus berjalan beriringan agar produk yang dihasilkan seluai dengan standard dan request client. Dalam proses fabrikasi mayoritas seluruh flow sama, ini adalah sample yang digunakan dalam project fabrication, Installation  & maintenance yang dikerjakan saat ini, tetapi kembali lagi bahwa standar, flow, procedure, nama, istilah, proses, tahapan tiap perusahaan berbeda – beda ya.

Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

Pembuatan Flow Quality apakah diperlukan? 
Tujuan dari pembuatan prosedur ini adalah sebagai panduan dalam mengetahui urutan flow proses pekerjaan quality, terutama dalam memastikan semua proses fabrikasi, seluruh material, scope pekerjaan, spect material, urutan dan treatment material sesuai dengan standart yang ditetapkan oleh client dan tertera dalam kontrak, kontraktor juga haru memastikan semua proses quality sudah sesuai dengan seluruh standar yang berlaku. Flow proses ini menjelaskan tentang keseluruhan alur skema dari awal proses sampai akhir proses quality, semua yang berhubungan dengan quality dari pengecekan, pengiriman material yang sampai di workshop, proses pekerjaan material di workshop, sampai material yang siap di delivery ke offshore. 

Istilah – istilah Yang Mungkin Muncul

  • FSR - Fabrication Service Request
  • Fabrication Team - Terdiri dari coordinator fabrication, planner fabrication.
  • QC/QA Team - Terdiri dari coordinator QC, inspector, admin QC.
  • Coordinator QC - Coordinator QC bertanggung jawab untuk mengelola semua kegiatan dan pelaporan yang berhubungan dengan QA/QC fabrication.
  • Inspector QC - Inspector QC bertanggung jawab untuk melakukan aktifitas pengecekan langsung dilapangan.
  • Admin QC - Admin QC bertanggung jawab membantu proses pembuatan document ITP, MDR, IRN, Dll
  • Welding Map - Welding map intinya untuk mengetahui rencana pengelasan pada suatu peralatan. Umumnya terdiri dari gambar sketch peralatan, termasuk posisi yang akan dilas, dan diberi keterangan no. WPS yang akan digunakan.
  • Welding Log Book - Daftar atau log book yang menginformasikan nama welder, kualifikasinya dan kegiatannya. Log book ini sangat bermanfaat bagi inspector untuk mengetahui apakah welder tsb masih qualified (terus bekerja), atau diperlukan test ulang (kalau 6 bulan tdk bekerja). 
  • MIR - Material Inspection Report  Document hasil inspection QC team terhadap material yang datang.
  • IRN - Inspection Release Note
  • DRW - Drawing Adalah gambar teknik yang akan menjadi acuan proses fabrication.
  • ITP - Inspection and Test Plan
  • WPS - Welding Procedure Specification
  • TQ - Technical Query adalah proses formal yang meminta klarifikasi atau pertanyaan dari perusahaan yang terlibat dalam pelaksanaan proyek. Didalam format technical quary terdapat kolom tanggapan dari perusahaan apakah disetujui atau tidak permintaan klarifikasi tersebut oleh perusahaan, biasanya technical query diajukan jika ada suatu pekerjaan, pembelian, dll, yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan baru pihak kontraktor mengajukan technical query tersebut.
  • MDR - Manufacturing Data Record
  • MTO - Material Take Off
  • Welding Map - digunakan untuk mengetahui rencana pengelasan pada suatu peralatan. Umumnya terdiri dari gambar sketch peralatan, termasuk posisi yang akan dilas, dan diberi keterangan no. WPS yang akan digunakan.
  • Welder Log Book - Adalah daftar atau log book yang menginformasikan nama welder, kualifikasinya dan kegiatannya. Log book ini sangat bermanfaat bagi inspector untuk mengetahui apakah welder tersebut masih qualified (terus bekerja), atau diperlukan test ulang (kalau 6 bulan tdk bekerja).
  • MIR - Material Inspection Report
  • MBS  - Material Balance Sheet
  • NDT - Non Destructive Test, biasa dikenal dengan pengujian tanpa kerusakan adalah aktifitas tes atau pengujian terhadap suatu objek (material, rangka mesin ,rangka pipa, dll) untuk mengetahui lebih jelas kondisi mesin dan untuk mengetahui isi kandungannya dan komposisi yang ada dalam objek pengujian.
  • Visual Check - Visual Check sesuai dengan gambaran dua dimensional dan tiga dimensional, hasil kerja disesuaikan 
  • PQR - Procedure Qualification Record

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

    Penjelasan Flow Diagram

  1.  Material Arrived
    1.1 Fabrication Team - Team Fabrication menerima kiriman material yang datang dari Client atau dari para vendor.
    1.2 QC Team - Selanjutnya semua material yang sudah tiba didalam workshop akan dicheck terlebih dahulu oleh QC team, QC team akan mengecek secera keseluruhan material, yang dicheck antara lain: Spec, Dimension, Condition (Cacat/Visual), Document (Millcert).

  2. Fit - Up Desain Process
    2.1 Fabrication Team (Fit UP/Fitting) - Fabrication team melakukan proses fit up, internal fabrication team akan mengecek terlebih dahulu material yang telah selesai diproses fitting. pengcekan antara lain: dimension, orientation, tolerance, sebelum direq untuk di check oleh team QC.
    2.2 QC Team - Selanjutnya semua material yang telah selesai di fit up dan dicheck oleh internal fabrication team akan kembali dicheck oleh QC team, QC akan mengecek dalam 7 tahapan yaitu: Design welding, dimensional, orientation, alignment, squareness, dan rotation jika ada.

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

  3. Prepare Start Fabrication 
    3.1 Fabrication Team - Fabrication team melakukan proses prepare sebelum melakukan fabrication berupa proses cutting material dan fit up material
    3.2 QC Team - Setelah proses prepare selesai oleh team fabrikasi selanjutnyaQC Team melakukan final check sebelum dilakukanya proses fabrication (welding), final check meliputi pengecekan dimensional material dan inside cleaning material.

  4. Start Fabrication - Proses Welding
    4.1 Fabrication Team (Welding) - Setelah melakukan proses prepare fabrication team selanjutnya melakukan start fabrication, yaitu welding proses utama dalam fabrikasi.
    4.2 QC Team (Check Hasil Welding) - Setelah team fabrication melakukan proses welding selanjutnya team qc akan mengecek hasil weldingnya, qc akan mengecek secara visual dan mengecek apakah ada potensi cacat yang terlihat di material. Jika di temukan kecatatan atau potensi kecatatan yang terlihat di material, maka selanjutnya material aja di stop/hold terlebih dahulu dan kembali lagi ke Team Fabrikasi untuk di repair.

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

  5. Fabrication - Proses Repaire
    5.1 Fabrication Team - Setelah melakukan proses fabrication dan team QC ternyata menemukan ada kecatatan, maka selanjutnya material akan kembali untuk di welding/di repair. 
    5.2 QC Team (Check Welding Hasil Repaire) - Setelah team fabrication melakukan proses repair/welding selanjutnya team qc akan mengecek hasil weldingnya, QC akan mengecek secara visual dan mengecek tingkat kecacatannya. Jika material yang telah di welding lolos dari QC check maka selanjutnya. Akan memasuki tahapan fabrication finish dan check NDT. Tetapi jika tidak lolos alias reject, material tersebut akan langsung kembali ke team fabrication dan direpair.

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

  6. Start Fabrication – Finish
    6.1 Fabrication Team - Setelah team QC selesai mengecek material welding atau material repaire, dan menyatakan bahwa material tersebut lolos tes Visual dan tidak ada lagi kecatatan yang terlihat pada material. Maka tahapan selanjutnya Team QC akan mengecek material dan hasil welding menggunakan NDT.
    6.2 QC Team (NDT Inspect) - Team QC mengecek menggunakan RT (Film Interperetation) dan mengecek kecacatan. Setelah material lolos pengecekan oleh team QC, maka selanjutnya material akan melewati tahap selanjutnya yaitu proses Hydrotest.

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

  7. Start Hydrotest
    7.1 Fabrication “OK” (Ready to Hydrotest) - Setelah material fabrication dinyatakan “OK” lolos tes secara QC, Visual, NDT, dll. Maka selanjutnya material tersebut akan melalui proses hydrotest. Pengujian Hidrostatik (Hydrostatic Test) merupakan sebuah pengujian untuk mengukur kekuatan dan kebocoran material, material yang biasanya melalui tahap Hydrotest antara lain: tabung silinder, pipa, tangki, boiler dan lain lain.
    7.2 QC Team (Hydrotest Inspect) - Setelah team fabrication selesai melakukan prepare and proses hydrotes, selanjutnya team QC, melakukan inspection terhadap material yang terlah melalui proses Hydrotest tersebut. Inspection tersebut meliputi: 1. Pengecekan visual spool dan material, 2. Equipment yang digunakan untuk hydrotest. 3. Tekanan pressure per materialnya, dan yang terakhir 4. Pressure Drop (leaking).

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

  8. Start Blasting & Painting
    8.1 Hydrotest “OK” (Ready to Blasting & Painting) - Setelah proses hydrotest dinyatakan selesai, dan setelah dicheck oleh team QC. Bahwa material dinyatakan tidak ada kebocoran ataupun kerusakan apapun dalam material tersebut. Maka proses selanjutnya adalah proses painting dan blasting.  Proses blasting adalah suatu proses pembersihan permukaan dengan cara menembakkan partikel (pasir) ke suatu permukaan material sehingga menimbulkan gesekan atau tumbukan, kemudian permukaan tersebut akan menjadi bersih dan kasar. Tingkat kekasarannya bisa disesuakan juga dengan ukuran pasir serta tekanannya. Painting adalah salah satu proses coating atau pelapisan terhadap suatu material yang berfungsi untuk melindungi material tersebut dari proses karat/korosi.
    8.2 QC Team (Blasting & Painting Inspect) - Setelah team fabrication selesai melakukan proses blasting and painting, selanjutnya team QC kan melakukan inspection terhadap material tersebut. Proses inspeksi pada tahap ini meliputi: 1. Surface Roughhess, 2. Area Blasting (sudut yang sulit dijangkau), 3. Coating Spec, 4. Thickness Coating.

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/


  9. Fabrication Team – Packing & Delivery Process (END)
    9.1 Fabrication Prepare Packing Process - Setelah material selesai melalui semua proses fabrication, painting dan lolos melewati semua pengecekan Team QC, selanjutnya semua material tersebut siap untuk dipacking.
    9.2 QC Final Check Packing - Setelah team fabrication melakukan proses packing, selanjutnya QC check akan mengecek kualitas packinganya dan berat material sebelum dikirmkan, apakah sesuai dengan estimasi dan req client tau tidak.
    9.3 Delivery Process - Adalah proses perpindahan atau pengiriman material dari workshop fabrikasi ke SITE tempat material tersebut dibutuhkan. 

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

    Urutan Proses Pengecekan Quality - QAQC Lengkap Dalam Proses Fabrikasi - https://maheswariandini.blogspot.com/

#Projectengineer #Fabrication #Installation #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Engineering #Engineer #Indonesiaproject #Fabrication #Piping #Pipeline #Spool #Industrialengineer #Mahesstory #Maheswariandini 

All Info For Fabrication, Related To:

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?