Apa itu Area Jetty ???

Pengaalaman kerja diproject membuat para engineer tidak asing dengan kata jetty, atau lebih familiarnya disebut dengan dermaga. Dulu saat masih bekerja dilapangan, jetty adalah tempat fav kalo lagi cape and bosan dengan pekerjaan, dengan pemandangan laut yang biru kehijauan, serta semilir angin laut yang sejuk membuat betah berlama – lama diarea jetty ini, hal ini dilakukan pada saat sore hari tentunya ya, jika saat siang hari ga usah deh mending dateng ke jetty soalnya panas bgt.

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Jetty Area PT. Bakrie Construction

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Jetty Area PT. Bakrie Construction

Di Mana Tepatnya Area Jetty ??
Dalam perencanaan project jetty biasanya berada diarea paling ujung atau paling dekat dengan laut dangkal, posisinya tepat menjorok ke arah laut, jauh dari shop dan area lainya. 
Jetty biasanya dibangun pada perairan yang masih dapat digunakan bersandar oleh kapal tongkang, karena kapal tongkang perlu bersandar diarea yang menjorok pada bibir pantai. 
Jetty dibuat dengan perencanaan yang matang akan faktor kelamatannya, arah angin dan tentunya area harus aman dari gelombang laut. Dibawah ini adalah salah satu contoh jetty dalam di project samur, area jetty berada langsung di area laut jauh dari plan utamanya .

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Plan Area Samur Project - PT Rekind


Proses Loading / Delivery di Jetty ?
Jika saatnya loading/delivery tiba, maka para project leader, team HSE, team handling, team delivery semuanya stay di jetty dengan batas waktu yang tak ditentukan. Ini adalah salah satu sensasi kerja di project "ga kenal waktu" TOTALITAS tiada batas. Karena loading biasanya berjalan 24 jam atau lebih tergantung selesainya barang/material di masukan ke kapal, dan ditahap akhir para project leader harus memastikan semua produknya terangkat masuk ke dalam kapal, dibawah ini adalah contoh area jetty. 

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Jetty Area PT. Cilegon Fabrikator

Apa Itu Jetty ???
Jetty adalah nama lain dari dermaga atau pelabuhan. Tapi dalam project nama “Jetty” lebih sering di gunkan dalam suatu rencana dalam plan project, terutama dalam proses delivery atau loading material. Jetty berfungsi sebagai pintu masuk atau penghubung yang berada pada area pantai dangkal. Selain berguna sebagai pehubung jalur laut, jetty pun termasuk jalur transportasi internasional sehingga lokasi jetty pun berguna untuk proses pengiriman dan penerimaan material/produk yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri.
Di dalam area jetty biasanya terdapat kawasan yang juga disebut sebagai Kawasan Berikat, kawasan dengan pajak khusus karena biasanya kapal yang bersandar membawa dan mengangkut (bongkar muat) barang – barang export dan import dari dalam dan luar negeri langsung.

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Proses Loading Di Jetty - PT. Bakrie Construction

Bentuk Jetty & Faktor Keselamatan ??
Beberapa jetty yang saya temui selama kerja project adalah type jety yang menjorok ke laut, biasanya berbentuk L atau T. Kapal yang merapat di jetty kebanyakan adalah kapal tongkang, karena aktifitas utamanya adalah bongkar muat barang/material. 
Dalam proses bersandarnya kapal ke area jetty dan proses loading barang/material ini diawasi dengan ketat oleh team HSSE. Karena banyak sekali faktor keselamataan yang harus diperhatikan, selain proses lifting dan handling yang berbahaya, cuaca pun sangat berperan sekali, gelombang laut, angin laut sampai curah hujan perlu diperhatikan dengan baik.

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Jetty PT Bakrie Contruction
 
Keuntungan Proses Loading/Delivery Dengan Jalan Laut ?
Pengangkutan dengan jalan laut adalah salah satu pilihan yang dirasa paling efektif dan rendah budget dalam project. Hal ini terutama dikhususkan untuk produk dengan ukuran yang tidak standart alias "Besar bgt", estimasi cost secara budget juga sangatlah murah dibanding dengan delivery mengunakan transportation darat dan udara.
Tapi ada satu kelemahan pada transportasi laut ini, yaitu memakan waktu perjalanan yang lebih lama dibanding dengan pilihan transportasi lainya, jadi jika project kalian urgent atau rust dikerjar oleh schedule yang mepet walaupun secara cost murah tapi perjalanan dengan laut adalah ide yang buruk.
Sample Pengalaman Project Piping Dulu Di Tahun 2015: 
Pesen material pipa dari Korea ke Cilegon 
(Jalur Udara) - Ini seminggu sudah sampai, walau dengan cost yang membengkak berkali - kali lipat.
(Jalur Laut) - Sampai di Cilegon bisa 1,5 - 2 bulan lamanya, belum perizinan dan birokrasinya. 

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Kapal Merapat Di Area Jetty PT. Bakrie Construction

Apa itu Area Jetty ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Jalan - Jalan Di Area Jetty Samur Project - PT. Rekind

#Projectengineer #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Engineering #Engineer #Indonesiaproject
#Industrialengineer #Mahesstory #Maheswariandini 

Related To, Information For Mode Transportasi & Fabrikasi :

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?