Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Kenapa blog ini di namai, "Yellow Lime" karena yang nulis suka banget Lime (Jeruk Nipis) dan Lemon, sedikit share di sini tentang pengalaman meminum jeruk nipis sejak 2013. Kegiatan rutin tiap pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur malam adalah membuat perasan air jeruk nipis, di manapun tempatnya pasti ga pernah lupa bawa jeruk nipis dan pisau. Awalnya di tambah dengan madu agar tidak terlalu asam, tetapi jika sudah terbiasa tidak usah menggunakan madu lagi.

Maheswari Andini - Manfaat Jeruk Nipis

Rutin minum perasan jeruk nipis tiap pagi, bukan untuk diet, tetapi mengurangi efek asma. Dan ternyata efektif, supply Vit C yang tercukupi tiap harinya, menjadinya badan lebih sehat, dan asma yang tidak terlalu sering kumat. Dan tentunya walau makannya banyak banget, pemakan segala, tanpa pantangan, tapi berat badan masih terkontrol karena semua lemak - lemak terextraksi oleh jeruk nipis.

Maheswari Andini - Manfaat Jeruk Nipis

Banyak yang takut untuk minum air jeruk nipis di pagi hari, karena takut asam lambungnya meningkat, padahal air jeruk nipis malah meredakan asam lambung yang meningkat. Air jeruk nipis memang rasanya asam, tetapi di dalam tubuh kita asam jeruknya akan menjadi basa. jadi tidak usah khwatir.

Manfaat meminum air jeruk nipis :

1. Menenangkan Pikiran
Aroma khas jeruk nipis dapat menyegarkan pikiran sehingga otak menjadi rileks. kandungan zat aktif didalamnya juga dapat mengembalikan fungsi organ tubuh menjadi lebih baik dalam memulai aktivitas atau setelah beraktivitas seharian penuh.

2. Membantu Proses Detoksifikasi & Melawan Penuaan
Di minum pada pagi memang baik dalam memulai hari, tetapi di minum di malam ada malam hari, saat tidur tubuh akan lebih berkerja dalam proses pengeluaran  racun. Vitamin pada jeruk nipis akan sangat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Serta membantu kulit dan tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.

Maheswari Andini - Manfaat Jeruk Nipis

3. Mencegah Pertumbuhan Tumor 
Kandungan zat aktif bernama Naringenin pada jeruk nipis mampu memperbaiki Deoxyribose Nucleic Acid atau lebih dikenal dengan istilah DNA. Naringenin juga terdapat varian lain buah jeruk, yang mampu mencegah tumbuhnya tumor.

4. Menurunkan Berat Badan 
Kandungan vitamin C yang tinggi, potasium dan asam folat dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Maheswari Andini - Manfaat Jeruk Nipis

5. Menurunkan Kadar Kolesterol  
Produksi zat apo B oleh sel hati akan dicegah oleh kinerja zat aktif bernama limonin. Meningkatnya zat apo B tersebut berpesan besar dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Melancarkan Sistem Percernaan 
Zat aktif pada jeruk nipis mampu membuat kinerja usus besar semakin baik, membersihkan usus besar dari lemak - lemak jahat.

Maheswari Andini - Manfaat Jeruk Nipis

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin B seperti vitamibn B6, Tiamin, Niacin serta Asam Pantotenat dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

8. Mengatasi Peradangan dan Membantu Proses Terbentuknya Sel Baru 
(Sumber Mineral Yang baik untuk Tubuh)
Kandungan folat dalam jeruk masuk kedalam tubuh ketika meminum air jeruk nipis di pagi hari, dan di malam hari agar efektif proses regenerasi sel saat waktu tidur.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Jeruk Nipis per 100 gram
Diatas telah dipaparkan manfaat jeruk nipis yang diminum dalam kondisi hangat di pagi dan di malam hari. Untuk mengetahui manfaat yang lebih detail berikut beragam kandungan yang terdapat pada jeruk nipis :
  • Kandungan Vitamin C pada Jeruk Nipis = 27 mg
  • Kandungan Vitamin B1 pada Jeruk Nipis = 0.04 mg
  • Kandungan Protein pada Jeruk Nipis = 0.9 gram
  • Kandungan Lemak pada Jeruk Nipis = 0.2 gram
  • Kandungan Karbohidrat pada Jeruk Nipis = 11.4 gram
  • Kandungan Mineral pada Jeruk Nipis = 0.5 gram
  • Kandungan Kalsium pad Jeruk Nipis = 33 mg
  • Kandungan Fosfor pada Jeruk Nipis = 23 mg
  • Kandungan Zat besi pada Jeruk Nipis = 0.4 mg
  • Kandungan Asam askorbat pada Jeruk Nipis = 49 mg
  • Kandungan Energi pad Jeruk Nipis = 51 kal
  • Kandungan Air pada Jeruk Nipis = 86 gram
Efek Samping Jika di Konsumsi terlalu Berlebihan :

Sakit Perut 
Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.
Saran : 1 Jeruk di pagi & 1 Jeruk di malam Hari
Sering Buang Air Kecil 
Minum perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sering mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, ini merupakan efek samping terlalu banyak konsumsi buah jeruk nipis. Karena berbagai jenis buah golongan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis semuanya merupakan buah asam yang dapat mengiritasi kandung kemih jika di munum secara berlebihan.
Sakit Kepala & Migren 
Senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Dapat meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis. (Jika belum terbiasa, jika badanya cocok, gejela ini tidak pernah terjadi ko)
Kulit terbakar 
Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.
Saran : Masker Jeruk nipis sangat baik untuk wajah, karena supply vit C yang alami, tetapi jangan di gunakan lama - lama, cukup 5 menit saja, dan jangan sampai terkena paparan matahari langsung, karena itu akan cepat membakar kulit.
Peningkatan kadar zat besi 
Jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal.

Popular posts from this blog

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?