Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya?

Berada pada lingkungan atau kelompok yang didalamnya memiliki banyak orang dengan sikap crab mentality bisa membuat kamu selalu merasa khawatir, takut salah, insecure, merasa tertekan, tidak nyaman, kehilangan kesempatan, bahkan tidak bisa mengembangkan kemampuan diri sendiri.

Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya? - https://maheswariandini.blogspot.com/

Penting untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi orang dengan sikap crab mentality:

  1. Abaikan mereka, tinggalin, jauhin deh kalo bisa (Belajar bodo amat)
  2. Tidak perlu memberikan respon berlebihan (Ia aja biar cepet)
  3. Pahami kelebihan dan kekuatanmu
  4. Alihkan pikiran buruk atau khawatir
  5. Pikirkan selalu hanya pada hal yang positif

Dimulai dari diri sendiri, factor internal adalah penentu paling dasar sebagai pertahanan pertama, Pantang Menyerah untuk mencapai kesuksesan – “Biarkan Sukses Yang Berbicara” 

Orang dengan Crab Mentality tidak akan senang melihat seseorang sukses, sehingga dengan segala cara berupaya untuk menodai kesuksesanmu. Menyikapinya, jangan diambil hati, abaikan saja orang seperti itu, jangan sampai emosi kamu tersulut, biarkan saja skill dan suksesmu yang bicara. Untuk mencapai kesuksesan, kamu harus tetap optimis dan percaya pada diri sendiri. Ketika ada orang lain yang memberikan komentar negatif, tutup telingamu dan tetap lakukan apa yang menurutmu benar. Kamu tidak perlu memusingkan kritik atau sindiran orang lain terhadap apa yang kamu lakukan.

Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya? - https://maheswariandini.blogspot.com/

Tetap Optimis & Semangat
Tidak ingin orang lain terlihat lebih maju adalah bagian dari sifat crab mentality. Selalu berpikir positif dan bersikap optimis. Ketika berhadapan dengan crab mentality, kamu hanya perlu fokus untuk tetap bersemangat untuk melakukan apa yang disukai dan penting terus dilakukan.

Kembangkan Potensi Diri
Terus bersemangat dalam mengembangkan potensi diri, agar rasa percaya dirimu semakin meningkat dan tidak mudah terhasut oleh komentar orang lain. Rasa percaya diri yang kuat akan membantumu untuk lebih percaya terhadap kemampuan diri, sehingga akan lebih mudah mengabaikan hal negative di sekelilingmu. Dengan percaya diri, Anda telah menang bahkan sebelum memulai.

Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya? - https://maheswariandini.blogspot.com/

Evaluasi Diri Ketika Merasa Gagal
Kitika kita berusaha untuk mencapai suatu target, keinginan, atau tujuan, kita akan berjalan beriringan dengan yang dinamakan kegagalan. Disaat kamu gagal jangan sampai kegagalan tersebut membuatmu menyerah, membuat pikiranmu negative sehingga dengan mudah mendengar dan memasukan komentar negatif orang lain yang biasanya justru akan membuatmu semakin terpuruk. Ingatlah bahwa dalam setiap kegagalan selalu ada pelajaran berharga yang dapat diambil. Jadi, cobalah untuk mengevaluasi diri atas kegagalan yang kamu alami. Juara adalah pecundang yang bangkit dan mencoba sekali lagi.

Dimulai dari sekitar kita, faktor external di rasa turut memberikan pengatuh besar terhadap bagaimana kita menghadapi orang – orang dengan crab mentality. “Banyak orang gagal dalam kehidupan, bukan karena kurangnya kemampuan, pengetahuan, atau keberanian, namun hanya karena mereka menempatkan keranjang energinya pada sasaran yang salah

Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya? - https://maheswariandini.blogspot.com/

Bergaul Dengan Orang Yang Suportif
Meninggalkan sebuah kelompok dengan orang yang memiliki sikap crab mentality, terlebih jika mereka adalah teman dengan title sudah “lama kenal”, memang tidak mudah. Namun, tetap berada dalam kelompok tersebut hanya akan menyulitkanmu untuk mencapai kesuksesan. Hayati sih langsung “Left” Group jika merasa bahwa kelompok ini tidak sehat. Tetapi jika kamu tidak kuat untuk langsung keluar dari suatu group, mulailah untuk mengurangi berkumpul dengan kelompok tersebut dan mulai hal baru untuk menambah teman-teman baru yang lebih suportif. Jadi, ketika sedang melangkah mencapai kesuksesan, kamu punya kelompok lain yang suportif sebagai penyemangatmu. Crab mentality pada orang lain, dapat berdampak sangat besar pada dirimu, mulai dari menurunkan rasa percaya diri hingga menghambat kesuksesanmu. Kamu tidak perlu terlalu ambil pusing atau marah kepada orang yang memiliki crab mentality, perlahan dijauhi saja, karena jika emosimu terpancing itu hanya akan membuang waktu dan energimu. Tetaplah berpegang teguh pada pendirianmu dan terapkan cara bertahan dari orang-orang dengan crab mentality.

Lingkungan yang selalu positif, partner yang tepat, team yang selalu support, teman dan sahabat yang selalu dapat mendukung dan menyemangatimu. Kalo keluarga udah ga usah ditanya ya, mereka adalah system support terpositive no satu. Hal – hal tersebut sangatlah penting untuk membantu kesuksesanmu. Menjadi selektif, dalam memilih lingkungan pergaulan adalah jalur yang tepat menuju produktifitas. Fokuslah pada hal penting dan abaikan hal yang tidak penting.

Crab Mentality “Part 3” – Bagaimana Cara Menghadapi & Mengatasinya? - https://maheswariandini.blogspot.com/

Related:
crab-mentality-part-1-oh-no-oh-no
crab-mentality-part-2-penyebab-terjadi

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?