Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak "Ego, Hirarki dan Adaptasi dalam Perusahaan"

Ego, Hirarki dan Adaptasi dalam Perusahaan
Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung..
Setiap orang pasti pernah membuat salah.
Sebagai manusia yang memiliki akal.
Satu hikmahnya adalah kita bisa mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga.

Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

Untuk pertama kalinya dalam pengalaman karir bekerja, belum genap 3 bulan bekerja, saya sudah dipanggil ke ruang manager HRD, hahaha..Biasanya sebagai kaum minoritas, lebih banyak dipujinya dari pada di anggap troublemaker. Pemanggilan ini dikarenakan masalah yang menurut saya sangat sepele, katanya ada beberapa pimpinan generasi tua, keberatan dengan sikap saya yang terlalu frontal, ngenyel, emosian dan kritis saat berpendapat. Reaksi saya jelas, tidak terima, membela diri dan shock dengan pemanggilan ini. Saat itu saya tidak peduli bahwa mereka adalah “pimpinan” dan sudah paruh baya untuk diajak berdebat. Ini pelajaran berharga dan kebodohan yang saya patut tertawakan dalam perjalalan karir saya. Sebagai seorang engineer lapangan, yang saya tau hanya “kerja sebaik mungkin” dan bersuara menyerukan kebenaran akan proyek yang saya handle. Ternyata system bekerja di office akan jauh beda dengan situasi di lapangan, bekerja di office kamu akan mulai berkenalan dengan yang namanya budaya, hirarki, dan tata karma ala ala perusahaan.
Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

Sisi otak ideal berbicara - Bagaimana dapat berubah untuk lebih baik jika pemikiran kritis langsung ditolak mentah – mentah oleh kewenangan tertinggi dari para pimpinan tua? Bagi sebagian pimpinan, mungkin ada rasa ancaman ketika ada karyawan berpemikiran kritis. Karena karyawan kritis tidak akan sudi menjilat pimpinan, tidak mau mengerti hirarki, tidak mau menganut “Asal Bos Senang”. Karyawan yang berfikir kritis biasanya malah dicap sebagai seorang yang frontal yang cenderung tidak disukai oleh pimpinan. Nah setelah pengalaman “pemanggilan HRD” itu saya marah dengan keadaan, EGO berbicara apa yang salah jika kritis? apa yang salah jika berpendapat? padahal yang diutarakan adalah benar!!! Langsung lah apply tempat baru, setelah itu ada 3 perusahaan kontraktor besar yang memanggil menginterview saya saat itu.
#beberapa tulisan saya sebelum ini membahas apa sih itu karyawan ABS 

Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

Ternyata tidak peduli sekeras apa saya berusaha bekerja sebaik mungkin,
Sehebat apa pengalaman saya,
Sedalam apa pengetahuan saya, dan setinggi apa pendidikan saya. 
Saya tetaplah hanya orang baru dilingkungan baru.

Hari ini genap 1 tahun saya bekerja dioffice yang sama, baru saja sign perpanjang kontrak dan sepertinya akan bertahan lama di sini.
Berubah fikiran? kenapa ga jadi resign? Kenapa akhirnya malah betah?
Ada beberapa pimpinan generasi menengah 35-40 th, yang membuka wawasan saya “bahwa ini adalah dunia kerja sebenarnya” mereka membuat saya bertahan, membuat saya meredam banyaknya emosi dan ego, mereka percaya generasi tua dan generasi muda harus bekerja sama dalam satu lini yang sama untuk regenerasi dan siap memulai perubahan. Menciptakan iklim budaya kerja yang sehat tanpa embel-embel ABS - Asal Bos Senang, walau tetap sulit melawan hirarki yang ada. Tapi setidaknya menciptakan keterbukaan antara pimpinan dan bawahan sehingga menghasilkan kepercayaan yang dapat memberika kenyamanan dalam bekerja. Saya terharu golongan pimpinan menengah ini berusaha meyakinkan dan percaya kalo saya mampu bertahan. Mereka setuju dan mendorong pemikiran kritis dan bebas asal pada tempatnya. Pemimpin seharusnya tidak memandang bawahan atas dasar ‘senang’ atau ‘tidak senang’, tapi melihat dengan professional, secara ‘kinerja baik’ atau ‘kinerja buruk’. Hari ini saya sudah bisa berdamai dengan para pimpinan tua, sudah bisa senyum, walau kadang gemes pengen bersuara.

Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

"Cukup sampaikan progress, jawab setiap pertanyaan dengan singkat dan jelas, setiap ada masukan atau kritikan jawab saja “baik pak/baik bu dan ditampung, jangan ngeyel dan membantah. Inget ya pesen saya, keep smile dan semangat, diakhiri dengan beberapa emot senyum, By : HN."
Kalimat diatas adalah chat dari pimpinan generasi menengah saat saya harus menghadiri meeting besar dengan para generasi tua, chat ini membuat saya terharu dan senyum – senyum sendiri, segitu percayanya bos ke Gw, dan disisi lain malu pada diri sendiri, masa aku sampai harus dichat dan diingatkan segtunya hanya untuk menghadiri meeting besar dengan para bos generasi tua, kenapa juga kemarin - kemarin terlalu emosian padahal sama kakek - kakek paruh baya. Aduhhhh hayati maluuu…

Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

Sebagai karyawan, saya belajar: 
Belajar untuk memahami EMOSI dan EGO saya, yang akan selalu kalah dengan HIRARKI yang mutlak.
Belajar lebih banyak bersyukur karena mendapat pelajaran baru dari sesuatu yang baru.
Belajar menyelesaikan masalah dengan lebih dewasa.
Belajar tentang kedewasaan dan pentingnya kontrol emosi.
Belajar untuk lebih menghargai dan mendengarkan segala kritik dan pendapat.
Ternyata yang kamu butuhkan hanyalah BELAJAR BERADAPTASI dalam setiap keadaan.

Banyak karyawan yang selalu berpindah – pindah kerja dengan alasan tidak nyaman, tidak cocok. Merasa pekerjaanya tidak ideal, merasa pimpinan tidak mau mengerti, merasa pimpinan yang salah, merasa birokrasi yang salah, dan hirarki yang salah, banyaknya keluhan mengenai tempatnya bekerja yang TIDAK ENAK. Apalagi engineer proyek saya yakin banyak dari mereka, jika tidak suka pasti akan dengan mudahnya resign. (Sayapun begitu)
Saya melewati tahap tersebut, dimulai dengan emosi dan ego, tetapi diakhiri dengan sedikit perubahan cara pandang, bukannya lingkunganmu ternyata yang tidak menyenangkan tetapi mungkin kamu sebagai karyawan baru, tidak mau beradaptasi dengan budaya dilingkunganmu yang baru.

Maheswari Andini - Dibalik Cerita Perpanjang Kontrak

Pengalaman kali ini mengajarkan saya, bahwa,
“Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.
Karena pada dasarnya semua pimpinan akan senang bila dihargai oleh bawahanya.
Semakin sedikit engkau berbicara tentang kemampuan dan kehebatanmu, maka akan semakin orang menghargaimu. Berhenti menghakimi orang lain dan mulailah untuk lebih menghargai mereka.


Comments

  1. terimakasih udah berbagi pengalamannya disini, cocok juga jadi penulis sebagai sampingan engineer.
    kebetulan saya juga baru setahun di dunia kontraktor, jadi belajar banyak dari artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak, semoga bermanfaat. Semangat datang di dunia kontraktor 😁👍 Sukses selalu 💪

      Delete
  2. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?