Sikap, Bos Nyebelin & Budaya ABS “ Asal Bos Senang” dalam Perusahaan

Bos : Tlp triak – teriak suruh anterin surat
Am : Okey bos, saya minta OB nanti yang anterin.
Kebetulan itu hari jumat, semua OB dan kurir jumatan.
Selang satu jam, dia tlp lagi..
Bos : Gimana udah dianterin?
Am : Sabar bos lagi pada jumatan, jam istrahat juga.
Bos : Dia langsung lah ngomel - ngomel bilang aku yang harusnya pergi naik gojek.
FYI – Ini ga ada sedikitpun urusanya sama kerjaan saya “ehemm engineer bukan kurir surat”, bukan jenis surat dengen tingkat URGENCY tinggi, and Jarak kuningan - Grogol itu jauh bosss, jam istrahat, matahari lagi tepat di atas kepala..Mending gtu ya kalo minta tolong baik – baik, mungkin diriku mau nganterin, eh ini pake acara ngomel ga jelas.
Am : Tutup tlp, Ketawa, berangkat makan siang “Ga pergi nganter tu surat, bodo amat”
FYI - Surat tetep dianter sama OB setelah makan siang.
Bos : Marah - marah, katanya aku ga nurut ! lah?? - Ia gpp marah aja bos.
Am :  Diriku juga marah, dan langsung ngajuin resign.


Saya bersyukur atas segala hal buruk dan banyaknya orang negatif dalam hidup saya, itu yang membuat saya menjadi orang yang lebih kuat dan terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Penting untuk selalu diingat "perlakukan orang seperti kamu ingin diperlakukan"

Beda kepribadian ada berbeda juga caramu memperlakukan atasan mu, case di atas adalah salah satu alasan saya pernah mengajukan resign secara mendadak, keliatanya sepele bgt ya – tapi bukan karena masalahnya. Hubungan baik antara bos dan karyawan itu penting untuk dibina, saling menghargai dan dapat bekerja sama. Jika salah satu pihak sudah tidak bisa saling menghargai dan bekerja sama. Ada baiknya kamu segera mengambil sikap !!!
Coment negative memang sering diceritakan olah karyawan lain tentang tabiat dan sifat bos ini, driver aja ganti seminggu sekali, sampai beliau harus bawa mobil sendiri karena ga ada yang kuat jadi drivernya. Selama hampir 1,5 th saya belum pernah jadi anak buahnya langsung. Pergantian struktur organisasi diperusahaan akhirnya memaksa dia ada dalam jabatan operasional yang berhubungan langsung dengan project. Nah jadi lah saya salah satu anak buahnya. Bos dengan type tidak mau mendengarkan, dan bertindak semaunya.

Jika kamu tidak bisa menerimanya, maka ubahlah.
Jika kamu tidak bisa mengubahnya, maka tinggalkan saja.


Berita saya resign tersebar, saya sering denger c bos ini cerita masalah ini ke banyak orang, ya elah bosss..masalah sepele gini, dibesar – besarin. Milenial yang terbiasa “speak up” masa masih terkekang dengan bos sok kuasa. Memang terkenal hanya karyawan yang bermental “ABS” yang bertahan bekerja dengan bos satu ini. Beberapa anak buah c bos yang paling loyal adalah mereka yang bermental ABS tingkat tinggi, mereka memberi nasihat agar jangan resign dan harus sabar, tapi menurut saya ini adalah salah satu prinsip dan sikap saya dalam bekerja “kalo ga suka ya lu pergi” dari pada tekanan batin dan emosi jiwa.
FYI – Setelah diskusi dengan pihak HR akhirnya cuma pindah bos, ga jadi resign. Heheheh..Alhamdulilah bapak CTO yang cerdas mau jadi bos baru aku.


Maheswari Andini - karyawan type ABS Asal Bos senang

Dari banyaknya type karyawan, karyawan “ABS” adalah salah satu type karyawan berbahaya menurut saya. Mau sampai kapan sih budaya seperti ini melekat kuat diperusahaan - perusahaan, udah ga jaman sepertinya diterapkan diperusahaan manapun. Mangut mangut aja walau ga suka..Saya yang liatnya aja cape dan kasian gtu ya, gimana yang menjalaninya.

Prioritas Para ABS..
Bagi pegawai ABS, prioritas mereka adalah atasanya, kepuasan atasanya adalah segalanya.
Tidak penting bagaimana lingkungan sekitar, hubungan dengan teman kerja, kinerja dia terhadap perusahaan, dan apa yang dapat dia berikan terhadap perusahaan. Yang penting cari cara agar bos senang sehingga jenjang karir aman. Naif – Tapi realitanya banyak ditemukan.
Padahal – Kalo karyawan yang punya kemampuan, PD aja ga jadi diri sendiri perlu cape – cape berjiwa ABS. Perusahan, atasan dan karyawan yang mempunyai kemampuan akan jadi patner yang baik untuk dapat bersinergi dalam kemajuan bersama, saling membutuhkan dan saling bekerjasama.

ABS ber Aura Negatif..
Beberapa tipe ini mengajarkan untuk berlaku tidak professional dilingkungan kerja. Dan menghadirkan persaingan yang negatif. Mengatas namakan kedekatan dengan bos/atasan membuat penilaian bos/atasan pun tidak lagi menjadi sesuatu yang objektif, tidak berdasarkan kualitas tetapi berdasarkan kedekatan. Mengajarkan untuk bersikap “penurut” meskipun itu salah, meskipun itu tidak sesuai dengan hati nurani, yang penting dianggap penurut dan posisi aman.
Mengajarkan untuk mempunyai mental penakut, tidak berani bersuara, mengeritik, atau mengutarakan ide terbaru karena takut bos ga suka. Karena tipe ABS sangat percaya karir dan posisi mereka sangat tergantung pada penilaian atasanya.

ABS Dalam Team..
Mayoritas dari pegawai tipe ini adalah lebih focus mengejar kesuksesan pribadinya. Salah satu caranya adalah ya dekat dengan atasan, dibanding berinteraksi dengan teman satu team. Padahal dengan bersinergi, team akan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas dan ide yang inovatif. Biasa juga ditemui karyawan jenis ini mencuri ide dari teman satu teamnya dan mengklaim bahwa ide itu adalah asli gagasannya di hadapan atasan.
Kembali, yang penting cari cara agar bos senang - sehingga karirpun aman.


Pemimpin besar adalah dia yang membuat orang – orang melakukan hal – hal besar.
Ronald Reagan.

Jika anda masih bekerja dengan pemimpin sok kuasa, dan para rekan yang ABS? Segera ambil sikap, sebelum menyesal ! Karena orang – orang terbaik selalu ingin bekerja dengan tantangan besar, bukan manggut – manggut melulu.

Related :
https://maheswariandini.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?