Tahapan Proses Fabrikasi ???

Fabrikasi adalah suatu rangkaian pekerjaan dari beberapa komponen material yang akan dirangkai untuk menjadi sebuah rangkaian alat, benda jadi, produk produksi ataupun structure konstruksi. Bahan yang dirangkai dapat berupa plat, pipa atau baja profile yang dibentuk step by step sesuai prosedur berdasarkan item-item tertentu atas guide drawing sampai menjadi suatu bentuk yang dapat digunakan. Proses pelaksanaan pengerjaan fabrikasi ini selalu berjalan typical, melalui beberapa proses-proses produksi setahap demi setahap, proses – proses tersebut antara lain:

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/

1.      Proses Marking (Penanandaan)
Yaitu proses pengukuran dan pembentukan “tanda” pada semua item material yang akan di fabrikasi berdasarkan shop drawing, proses markingpun biasanya disesuaikan dengan cutting plan dan fabrikasi drawing. Proses marking dapat berupa pemberian tanda garis perpotongan, nomor identifikasi, ataupun pada proses pengeboran plat untuk lubang baut, diameter lubang baut, sampai pada jumlah lubang baut, proses pelubangan biasanya selalu terjadi pada bahan baku baja profil. Pemberian tanda biasanya menggunakan kapur, atau spidol untuk besi.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Marking Proses

2.     Proses Cutting (Pemotongan)
Pemotongan adalah tahapan pekerjaan selanjutnya yaitu membagi - bagi bahan baku material, profil dan pelat baja sesuai dengan tanda potong yang telah ditetapkan pada proses penandaan (marking), tentu proses ini menganadalkan drawing sebagai guide, biasanya cutting list adalah guide para operator cutting untuk menentukan bagian mana dari plat atau profile yang harus dipotong. Pemotongan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Mesin Cutting
  • Pemotongan dengan Mesin Potong Hidrolik : Mesin gunting hidrolik menggunakan tenaga power supply tenaga hidrolik.
  • Pemotongan dengan menggunakan oxy flame cutting : Pemotongan dengan menggunakan oxy flame cutting adalah proses dimana pemotongan terjadi karena adanya reaksi antara oksigen dan baja.
  • Pemotongan dengan menggunakan CNC cutting : CNC cutting merupakan mesin perkakas potong otomatis yang dilengkapi dengan sistem mekanik dan kontrol berbasis komputer
3.     Proses Drilling (Pengeboran)
Dalam setiap rangka structure baja, pasti ditemukan lubang baut yang akan digunakan untuk proses erection di site. Proses pelubangan baut itu bisa di sebut dengan proses pengeboran. Diameter lubang biasanya adalah ukuran standar, disesuaikan drawing, di sesuaikan dengan ukuran baut yang akan di gunakan, bisa juga disesuaikan dengan request client atau berdasarkan kebutuhan tertentu.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Material Hasil Dril

4.     Proses Assembling (Penyetelan)
Proses assembling adalah proses penyetelan & perakitan material yang dikenal dengan istilah “las titik” atau “teck weld” fitter melakukan proses fit up sebelum material tersebut dirakit secara permanent dengan cara welding oleh seorang welder. 
Pengelasan titik ini sangat penting untuk mengunci hasil dari sebuah penyetelan. Baik dalam rangka  plate, profil atau pun pipa agar tidak adanya sebuah pergerakan ketika melakukan next step pada proses pengelasan. 

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Area Shop Assembling

5.     Proses Welding (Pengelasan)
Proses pengelasan adalah proses menyambung dua bagian logam dengan menggunkan energi panas, dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dan menghasilkan sambungan yang berkelanjutan serta permanent.
Mutu dari hasil pengelasan, bergantung pada keahlian operator atau tukang las itu sendiri, operator pengelasan biasa dipangil dengan sebutan “Welder”.
Cara mengelas yang buruk dapat mengakibatkan kerusakan fatal baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, mulai dari kasus sederhana seperti pipa ledeng yang bocor ataupun ke hal-hal yang lebih fatal seperti runtuhnya bangunan berkonstruksi baja yang menggunakan bahan yang di las. Tidak heran jika quality dalam proses pengelasan menjadi perhatian utama oleh para inspector QC team.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Welding Proses

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Informasi Proses Welding

6.      Proses QC Check (Pengecekan Kualitas)
QC Check adalah suatu kegiatan inspeksi terhadap suatu produk, apakah produk itu baik atau rusak, serta penentuan apakah produk tersebut diterima atau tidak berdasarkan dari metode pekerjaan & standard yang sudah ditentukan dalam prosedure. Proses Inspeksi mencakup pengukuran material, part-part, bentuk, presisi, ukuran, proses welding yang hasilnya harus sama dengan standard (drawing, JIS dsb). Pengukuran bisa bersifat dimensional dan presisi (vernier caliper, micrometer) pengujian properties (hardness serta komposisi kimia) atau sensory (noise check , visual check : noda dan crack). Jika produk tidak sesuai dengan qualitas, maka sebelum produk di repair, produk akan di berikan status hold, prioritas untuk team repaire mengerjakan produk yang di hold terlebih dahulu.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Stiker "Hold" Pada Material

Proses inspeksi di bagi atas testing dan inspeksi :
  • Testing (Pengujian) adalah pelaksanaan pengecheckan sifat properties & karakteristik produk seperti pengukuran dimensinya, kekuatan material &  komposisinya. 
  • Inspeksi (Pemeriksaan) adalah pelaksanaan penilaian apakah produk dapat diterima atau tidak dengan membandingkannya terhadap Standard Penilaian. Inspeksi merupakan bagian penting dari Quality Control.
Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Pemeriksaan Ticknes Pada Hasil Welding

7.     Proses Finishing
Proses finishing dalam fabrikai lakukan untuk proses pembersihan material baja dari sisa proses fabrikasi, seperti: bekas pinggiran kasar dari proses cutting (pemotongan), drilling yang masih tajam, bekas pengelasan, bekas alat bantu (jig) yang digunakan saat fitting. Proses finishing biasanya dilakukan dengan menggunakan gerindra mesin dan batu gerinda, proses ini biasanya di lakukan setelah material telah dicheck oleh QC serta dilakukan sebelum proses painting (pengecatan) di kerjakan.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Gerindra

8    Proses Blasting
Blasting adalah proses pembersihan permukaan material dengan menggunakan sistem penyemprotan udara bertekanan tinggi dengan berbagai media seperti pasir, air, dan lain-lain. Selain untuk membersihkan permukaan material, proses blasting juga bertujuan untuk membuat permukaan material menjadi kasar. Efek dari sandblasting adalah permukaan material akan menjadi kasar, nah permukaan yang kasar inilah yang akan akan membantu dalam proses painting karena membuat cat dapat melekakat dan menempel dengan sempurna pada media yang akan di painting.
  
Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Blasting or Painting Proses

9.     Proses Painting
Proses painting dalam tahapan fabrikasi yang berguna untuk melapisi permukaan baja dari korosif (karat), bertahan pada pengaruh destruktif cuaca yang extream, serta sebagai penambah keindahan produk. Proses painting biasanya memakan waktu yang lumayan lama, bisa sampai berminggu - minggu karena bukan hanya pengaruh cuasa dan kembaban udara saja, tetapi proses pelapisan ini biasanya dilakukan step by step sesuai tahapannya, satu persatu tahapan pelapisan harus kering dulu, sebelum masuk pada tahapan selanjutnya:
  1. Sand blasting (Pelapisan baja dengan pasir, proses ini di lakukan agar dasar baja kasar sehingga cat dasar menempel pada dasar baja)
  2. Cat Dasar (Primer coat)
  3. Under Coat
  4. Top Coat & Clear biasa digunakn sebagai cat pernis akhir untuk memberikan daya kilap serta daya tahan gores.
  5. Proses painting diarea terbuka sangat dipengaruhi oleh cuaca serta tingkat humidity (kelembapan), ini juga lah yang menyebabkan proses painting harus mendapat estimasi hari lebih pada master schedule.
10  Proses Packing
Proses packing diperlukan untuk menjaga material/produk/structure agar sampai site dengan keadaan baik, packing melindungi produk dari goresan, air, ataupun kemungkinan demaged. Packing biasanya menggunakan rangka kayu, digabung dengan plat, majun dan busa agar material tetap terjaga secara bentuk. Setelah selesai di packing, produk akan dikirim ke site, untuk menjamin semua produk sampai site sesuai list, maka di buatlah packing list.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Packing Box Biasanya Untuk Material Support
Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Packing Pipe

Pengertian Packing List
Packing list adalah daftar perincian barang – barang yang sudah di packing, bisa dalam bentuk packing set atau pun di dalam peti. Packing list berguna untuk memudahkan dan menjamin barang – barang terkirim, serta mengetahui isi barang dalam peti, ataupun saat pemeriksaan ketika barang sampai di Site. Pada material yang akan di delivery ke site pun biasanya terdapat, no packing dan keterangan. hal tersebut di tujukan agar memudahkan proses pengecekan dan proses pemasangan.

Tahapan Proses Fabrikasi ??? - https://maheswariandini.blogspot.com/
Packing No & Informasi Produk

Info lain tentang Fabrikasi, Related To:

Comments

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Foto dari fabrikasi PT apa ya mbak?

    ReplyDelete
  3. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?