Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Nah sekarang cerita tentang make up resepsinya, resepsinya diadakan malam harinya di Gedung HIS Kologdam. Saat resepsi make up dilakukan di Gedung HIS Kologdamnya langsung, untuk resepsi karena nuansanya JAWA BGT jadi pasti ada paes and dodotan jadi syarat wajib, so jadinya berganti nuansa Rose Gold ke nuansa Merah khas Jawa, kebaya beludru hitam khas Jawa dipadukan dengan kain dodotan, dengan nuansa bunga berwarna merah, lipstick & make up berganti dengan nuansa merah terang khas Adat Jawa. Touce up makeup plus pemasangan kain dodotan juga memakan waktu sekitar 2 jam – 3 jam. Totalitas bgt kan diriku hari ini make up, padahal sebelumnya anti bgt make up, ini totalitas bgt loh akad and resepsi hampir 5 jam make up, paes and dililit – lilit kain Dodotan. Untung teamnya Teh Yuyun enak, jadi selama proses make up tetep ngobrol, untuk proses make up nya ga usah ditanya lah ya udah aku peercayakan ini muka sehari ini sama Teh Yuyun, tau tau cetar aja hasilnya. Hihihihi..

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Apa yang dimaksud dengan Paes ?
Kebetulan Ayah dan Ibu berasal dari Jawa tengah, jadi sudah dipastikan anak perempuannya Harus nikahan menggunakan adat JAWA hahahah..Nah jika ngobrolin tentang pernikahan adat Jawa Tengah, pastinya paes menjadi salah satu elemen paling penting dalam tata rias pernikahan yang persiapannya tidak main-main. Paes adalah riasan untuk pengantin perempuan dari area dahi hingga rambut. Lekukan-lekukan paes pada dahi disebut cengkorongan. Yogyakarta dan Solo adalah dua daerah yang dikenal akan paesnya. Paes biasanya menggunakan pidih berwarna hitam, kecuali paes basahan Solo yang berwarna hijau. Pada pengantin diberikan hiasan rambut yang dikenal dengan sebutan tibo dodo. Mirip seperti gajah ngoling, untaian ini terbuat dari ronce melati yang menjuntai dari kepala hingga pinggang pada paes putri Solo, pada ujung untaian, terpasang bunga cempaka yang masih kuncup. Ini rangkaian melatinya lumayan berat karena banyak bgt, ada melati yang penutupi sanggul, melati menjuntai dikepala dan ada yang menjuntai di bawah dipasang dengan dodotannya. Untuk pemasangan Paes karena saya menggunakan hijab, sempet worry kalo jadi aneh, tapi ternyata ga keliatan sama sekali, bener – bener antara paes dan hijabnya dipadukan dengan baik, malah kaya ga pake hijab padahal beneran pake hijab ini.

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Apa yang dimaksud dengan Dodotan?
Nah ini yang special Request Emak, karena kekeh and wajib harus pake Dodotan acara resepsinya, jadi ya sudah nurut saja pake dodotan, kata Emak kenapa beliau kekeh bgt harus Adat karena ini acara SAKRAL sekali seumur hidup, jadi ga boleh main – main, harus special and mengling katanya. Aku sih IYES aja..Masuk akal sih kenapa ribet, karena pernikahan adalah salah satu acara besar sekali yang dilakukan seumur hidup. Sesuai filosofinya memakai dodotan diriku bener – bener dituntut untuk andelemi, padahal aslinya jauh bgt dari kalem hahaha..hari ini diriku jadi halus and pelan – pelan karena susah jalan. Pas dengan flosifinya pernikahan Jawa tengah yang dikenal sangat penuh dengan tata karma, aturan, dan etika. Baju pengantin Jawa Tengah sendiri memiliki filosofi yang mengandung makna kesopanan dan memilki arti harapan akan adanya penikahan yang bahagia. Bukan hanya dari segi pakaian pengantin secara umum saja, namun kain batik yang dipilih sebagai corak dodotan ternyata juga memiliki arti masing-masing. Ada yang mengandung harapan akan kehidupan yang baik dan ada pula yang mengisyaratkan sebuah doa akan ketentraman.

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Jenis Dodotan apa yang digunakan?
Dodotan adalah kain khusus sepanjang +/- 4,5m yang dihiasi taburan prada emas pada bahan kainnya. Coraknya adalah alas-alasan, hutan-hutanan atau corak corat batik, berwarna bisa hijau, merah, kuning atau emas. Kain Dodotan nantinya akan dililitkan pada tubuh pengantin wanita tanpa mengenakan kebaya terlebih dahulu, karena diriku berhijab, jadi baik saya dan calon menggunakan beska sehingga modelnya menjadi dodotan tertutup. Nah saya dan suami memilih dodotan dengan nuansa hitam, emas dan merah untuk resepsi, saat pemasangan dodotan ini memakan waktu sekitar 1 - 2 jam sendiri, lumyan pegel karena pemasangannya harus sambil berdiri, karena di lilit langsung kebadan, ditambah dodotan yang digunakan adalah kain dodotan baru sehingga masih kaku dan sedikit sulit untuk dibentuk, tapi karena ini adalah kain baru sehingga exclusive bgt dan blm pernah digunakan oleh orang lain, sehingga warna dan coraknya bener – bener masih bagus, cerah dan mengkilap. 

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Berapa Rate Harganya Per Paket untuk MUA?
Untuk harga sih karena sepaket sama paket WOnya, jadi kurang tau untuk harga satu paketnya berapa, tetapi kalo mau info lebih lanjut bisa langsung kepoin webnya – yuyunmakeup.com, IGnya @yuyunmakeup or bisa tanya tanya langsung via WA. Tapi jika menggunakan harga paket paling lengkap di HIS Kologdam Rp. 338.800.000 (Harga 2019). Kita udah dapet paket kumplit make up and attire akad and resepsi, plus Ibu CPP & CPW, attire Ibu/Bapak CPP & CPW, Make up and attire pager ayu and pager bagus (4 orang). Jika mau ada tambahan make up keluarga per orangnya bisa tambah sekitar 175 ribu/orang.

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Moment Totalitas Saat Make Up?
Saat make up asistennya Teh Yuyun maksa – maksa kita untuk makan, padahal serius ga nafsu makan bgt saat itu, team HIS sebagai WO pun memberikan jamuan Tea dan beberapa kue, tapi ga di sentuh sama sekali, karena beneran deh ga nafsu makan deg degan, hahahah..deg degan karena mau dipajang berjam jam didepan banyak orang, aduhhh…Tapi dengan totalitasnya team nya Teh Yuyun sampai nyuapin – nyuapin segala maksa kita harus makan, jadi sambil make up tetep sambil makan disuapin, eh ternyata kita deg degan sambil laper, jadi akhirnya tetep aja abis sepiring penuh hahaha..

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

Bagaimana Peran WO Team Saat Resepsi?
Di acara resepsi ini kita di temenin sama salah satu team WOnya yang khusus PIC pengantin perempuan dan PIC pengantin laki - laki, untuk mempelai wanita namanya Teh Nada, karena lead wedding planner kita Teh Tresna ga ada sama sekali nemenin kita kaya sebelum – sebelumnya, karena dia sibuk keliling and mastiin semuanya berjalan lancar, bayangin aja prepare nikahan segini gedenya cuma 3 bulan, dan hanya sekali saya pulang ke Bandung buat ketemu semua Vendor, bahkan last meeting terakhir aja yang wakilin tante – tanteku tercinta karena diriku masih di Jakarta, penganjuan sampai acara lamaran full tante - tante sama Emak yang ngurus di Bandung, tapi semuanya berjalan dengan lancar and NO ribet – ribet, dan Alhamdulilah bgt masih bisa diadakan acara resepsi, karena menurut WOnya ternyata ini nikahan resepsi terakhir sebelum di berlakukan PSBB di Bandung karena Covid-19, Alhamdulilah bgtttt...Ga kebayang kalo sampai ga jadi resepsi gara - gara Covid-19.

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

https://maheswariandini.blogspot.com/Prepare Pernikahan - Review MUA RESEPSI “Yuyun Makeup Bandung”

MUA - @yuyunmakeup WA – 0813-1336-3631
ATTIRE - @Ivan_belva Make Up Bandung
Bouquet - @beautifulhandbouquet WA – 0813-94262624
Rangkaian Melati - @melati_ronce WA – 085100134819
WO @his_kologdam - Teh Tresna WA – 0813-1221-4233

Related Part Pembuka:
maheswariandini/review-mua-akad

#Javabridge #Weddingtraditional #Javawedingtraditional #Mahesstory #AndinHilman #290220

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?