Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

“Sebagian wanita memilih untuk mengikuti pria, dan sebagian lainnya memilih untuk mengejar impian mereka. Jika Anda wanita dan sedang mempertimbangkan pilihan tersebut, ingat bahwa karier dan mimpi Anda tidak akan pernah berkata ia tidak mencintai Anda lagi.”

Sebelumnya, Apa sih yang dimaksud dengan “Gender”?
Gender adalah variabel kompleks yang merupakan bagian dari konteks sosial, budaya, ekonomi dan politik. Gender juga relevan bagi kerja gerakan masyarakat sipil. Gender berarti perbedaan yang dikonstruksi secara sosial antara laki-laki dan perempuan, sedangkan jenis kelamin erujuk pada perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan. Karena terkonstruksi secara sosial, perbedaan gender tergantung pada usia, status perkawinan, agama, etnik, budaya, ras, kelas/kasta dan seterusnya. Perbedaan jenis kelamin tidak banyak tergantung pada variabel-variabel tersebut. Sejak beberapa dekade belakangan ini kalangan analis telah mengakui adanya kebutuhan untuk memastikan perihal gender diintegrasikan ke dalam proyek-proyek pembangunan. Dalam mendukung integrasi tersebut sambiil memperhatikan efek-efek dari dampak yang bisa menguntungkan atau merugikan. 

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

Sayangnya, selama ini negara hanya memasukkan perempuan sebagai bagian dari keluarga. Artinya perempuan hanya dilihat sebagai peran pendukung, bukan peran utama. Padahal telah jelas aturan mengenai gender melalui UU No.7/1984 tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan dan Instruksi Presiden No.9/2000 tentang Gender dalam Pembangunan” Bukan berarti perempuan mengambil posisi sebagai kepala keluarga, dan mengambil semua tanggung jawab. Hanya saja “Tidak mengekang segala hobi, passion, keinginan, serta kebiasaanmu (yang baik)”. Di satu sisi, perempuan berperan dalam banyak hal, dapat berkembang, sangat mandiri. Namun disisi lain perempuan juga memiliki beban gender yang kuat dimana perempuan perlu memastikan keberlanjutan kehidupan keluarga dan tidak lupa akan kodratnya sebagai perempuan, seorang ibu dan seorang istri.

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

Saat saya mengunjungi salah satu suku dipedalaman, antara aspek pelestarian budaya, ataupun menjaga adat istiadat. Yang pasti “perempuan” hanya ada dalam posisi “pelengkap”, dalam situasi sulit tersebut, perempuan kerap mencari berbagai alternative “untuk mencoba membantu” dengan keterbatasan keterampilan atau memangkas pengeluaran sehingga berdampak pada penurunan kualitas hidup diri sendiri dan keluarganya. Usaha untuk memahami peran perempuan dalam proses yang lebih baik terutama pada pendidikan dan pembangunan, perempuan mencari jalan keluar dan menghilangkan diskriminasi yang sering terjadi, terutama pada bidang-bidang pekerjaan yang identik dikerjakan oleh kaum pria seperti pekerjaan “proyek”,perempuan dipandang rendah dan tidak terampil atau diskriminasi tentang pengambilan keputusan – keputusan penting, atau tidak boleh menyuarakan ide dan masukan.

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

Dibeberapa daerah paradigma pekerja bangunan wanita terjadi dikalangan masyarakat kelas bawah (buruh kasar), dimana faktor ekonomi yang menjadi latar belakang utama untuk membantu kehidupan perekomomian. Saya menjumpai perempuan menjadi pekerja bangunan atau buruh kasar dengan pekerjaan yang berat, hal tersebut lumrah dibeberapa daerah karena adanya faktor adat dan istiadat suatu daerah serta kebiasaan yang menuntut wanita untuk bekerja. 

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

Pekerjaan proyek di lapangan, identik dengan pekerjaan sektor keras, yang didominasi oleh pekerja pria. Perkembangan dan zaman yang telah berkembang, menjadikan lumrah saat ini dijumpai juga para perempuan bekerja pada bidang proyek ataupun konstruksi. Saat ini dijumpai juga para perempuan bekerja pada bidang proyek ataupun konstruksi. Dan bukan sebagai pekerja rendah atau buruh kasar dan minim akan pengetahuan. Perempuan mempunyai pendidikan dan kesempatan yang sama dengan seorang ahli atau professional dibidangnya. Perkembangan peran perempuan saat ini telah menempatkan perempuan sebagai mitra sejajar dengan kaum pria. Perempuan memiliki kesempatan yang sama terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi majunya pembangunan. Perempuan dapat menentukan pilihan dan mengambil tempat atas apa yang mereka inginkan. 

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

https://maheswariandini.blogspot.com/ - Perempun di Proyek "Engineer Perempuan dan Perbedaan Gender"

Jangan biarkan siapapun merebut imajinasimu, kreativitasmu, dan rasa ingin tahumu. Ini tempatmu, ini duniamu, ini hidupmu. Pergi, lakukan selalu yang terbaik dan pilih kehidupan yang ingin kau jalani.

Related :
https://perempuan-di-proyek-konstruksi.html


#Projectengineer #Fabrication #Installation #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Material #Engineering #Engineer  #Fabrication #Piping #Pipeline #Indrustial #ProjectEngineer #Industrialengineer #Indonesiaproject #Mahesstory #Maheswariandini 

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?