Visit PT. Elnusa Tbk - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Operation and Maintenance adalah salah satu depertment bisnis di PT. Elnusa Tbk, sesuai namanya department bisnis ini mencakup pekerjaan operation dan maintenance, salah satu pekerjaan yang di lakukan secara continue adalah project pekerjaan "Fabrication, Installation and Maintenance" platform offshore di laut Jawa. Untuk mendukung kegiatan pekerjaan maintenance tersebut PT. Elnusa harus dapat mengerjakan dua type pekerjaan secara bersamaan yaitu pekerjaan fabrikasi dan pekerjaan instalasi, nah yang akan dibahas kali ini adalah type pekerjaan Fabrikasi, specialy Overview workshop PT. Elnusa yang berada di Marunda.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Elnusa memiliki workshop yang khusus untuk mengerjakan pekerjaan fabrikasi, sehingga seluruh request maintenance dalam bentuk fabrikasi dari client dapat Elnusa kerjakan dengan baik. Workshop tersebut berada dikawasan Marunda, tepatnya di Jl. Jayapura Blok C1 KBN, RW.2, Marunda, Cilincing, North Jakarta City, Jakarta 14120. Work shop sengaja dipilih berada didekat pelabuhan Marunda, sehingga memudahkan pengiriman, distribusi barang dan on duty personil man power untuk menuju offshore.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Area workshop Elnusa Marunda ini cukup luas, berdiri di atas tanah seluar 10.000m2, dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai dengan standar workshop fabrikasi pada umumnya, area utama adalah area fabrikasi yang terdiri 3 bagian , ketiga bagian ini dibagi berdasarkan jenis dan request pekerjaannya, ada area khusus untuk pekerjaan piping, ada khusus bagian structure dan yang terakhir bagian material custom yang biasanya dikhususkan untuk material dengan ukuran yang besar - besar. Workhop juga dilengkapi dengan Ruangan Office, Ruangan meeting, Ruangan Client, Hydrotest Room, NDT Area, Blasting Room, Painting Room, Material Area, Packing Area, HSSE Room, Mushola Room, Area Parking Car & Motorcycle yang cukup luas, dll. Keamanan di Workshop juga sangat terjamin, karena workshop dilengkapi dengan CC TV disetiap sudut dan penjagaan dari team security yang professional.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Area Fabrikasi terdiri dari proses welding, grinding, teck weld, cutting, dll. Buat yang tidak familiar dengan kata fabrikasi, Fabrikasi adalah proses pengelasan atau proses menyambung dua bagian logam dengan menggunkan energi panas, dengan cara mencairkan sebagian logam dan menghasilkan sambungan yang permanent. Nah untuk mendukung proses penggabungan dua bagian logam tersebut sebelumnya dua bagian tersebut harus melewati proses cutting/pemotongan, grinding/penghalusan, teckweld/fitting/penyambungan sementara.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Pada area fabrikasi pun terdapat area crane, crane membantu para pekerja dalam mengatur posisi serta memindahkan material yang akan diproses, material yang ditempatkan pada area crane adalah material yang biasanya berukuran lebih besar daripada biasanya.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

NDT adalah singkatan dari Non-Destructive Testing, NDT adalah teknik pengujian material tanpa merusak benda yang diuji. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui material yang terlah di fabrikasi sesuai dengan standart atau mengalami kerusakan. Pengujian NDT yang paling sering dilakukan terbagi dalam 2 metode yaitu metode Inside Crack dan dengan metode surface crack. Untuk metode dengan inside crack terdiri dari: Radiography, Ultrasonic, Acoustic Emmision, sedangkan untuk metode surface crack terdiri dari : Visual Inspection Optical, Liquid Penetrant, Magnetic Particles.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Hydrotest Room digunakan untuk melakukan pengetan kualitas welding. Hydrostatic test adalah pengujian atau pengetsan dengan menggunakan tekanan tertentu dengan menggunakan media air sebagai pengujinya. Hydrotest ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan tekanan suatu material serta untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak. Kegiatan ini mayoritas dilakukan pada material yang telah melewati proses fabrikasi atau proses sambung dengan menggunakan sistem pengelasan.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Blasting dan Painting Room adalah proses terakhir dalam proses fabrikasi. Blasting/Sandblasting adalah proses pertama dalam rangkaian kegiatan surface preparation, sandblasting dilakukan dengan cara menembakkan partikel padat dengan ukuran tertentu, partikel yang ditembakan contohnya seperti pasir silica, steel grit atau garnet ke suatu permukaan material dengan tekanan tinggi sehingga terjadi tumbukkan dan gesekan yang menempel pada materialnya.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Proses blasting ini membuat permukan material menjadi kasar, sehingga memudahkan painting/cat menempel pada permukaan material, sehingga mudah untuk melakukan proses painting. Painting sendiri adalah salah satu proses coating/pelapisan/pengecatan terhadap suatu material yang berfungsi untuk melindungi material tersebut dari proses korosi atau berkarat. Painting dalam material fabrikasi biasanya dilakukan sampai berkali – kali, satu material dapat melalui proses pinting yang berulang, bisa sampai sampai 3-4 kali lapisan painting. Proses berulang ini untuk memastikan material tercoating secara sempurna. Karena material yang dicoating akan digunakan dilingkungan extrim, dengan panas berlebih atau dalam lautan. 


 
Setelah material selesai melewati proses blasting dan painting, selanjutnya proses packing siap dilakukan, jika proses packing selesai. Selanjutnya material akan dikirimkan ke site, atau tempat material tersebut di request, proses ini di namakan proses delivery material. Untuk proses delivery ada berbagai macam, dapat dikirimkan dengan moda darat, moda laut dan moda udara, paling sering di kirimkan menggunakan Trailer. Proses delivery ini biasanya di lengkapi dengan beberapa document, antara lain surat jalan.Surat Jalan - Surat jalan ini sangat penting karena berisikan bebagai infomasi. Biasanya terdiri dari lembaran berwarna. Lembar berwarna putih biasanya digunakan sebagai bukti penyerahan barang kepada pembeli dan sebagai bukti untuk penagihan kepada pembeli. Selanjutnya lembar berwarna merah muda, diserahkan kepada customer atau pembeli sebagai tanda bukti pemesanan barang. Selanjutnya lembar berwarna kuning atau lembar keempat yang berwarna hijau dijadikan sebagai arsip perusahaan baik arsip untuk karyawan (team procurement/project) maupun untuk atasan, biasanya di simpan juga oleh team delivery atau security tergantung kebijakan perusahaan yang berbeda – beda.

https://maheswariandini.blogspot.com/Visit PT Elnusa - Overview Workshop FABRIKASI Di Marunda

Pada area depan workhop terdapat beberapa lahan yang cukup luas, para pekerja biasanya "ngadem" di sini. Karena area ini ditumbuhi beberapa pohon kersen yang subur dan rimbun, menutupi bagian jalan sehingga udara disini cukup sejuk, para tamu yang visit pun juga suka berkunjung ke kebun kersen ini. Tapi ini berlaku HANYA pada saat musim hujan ya, kalo sudah memasuki musim kemarau jalan utama Marunda pasti debunya banyak bgt, udah ga bisa berkunjung ke sini. Area terbuka ini pun di manfaatkan oleh para pengurus worshop untuk berternak lele menggunakan terpala seadanya, dan berkebun okey sih ini sangat kreatif dan bermanfaat. 

Sekian untuk Overview work Elnusa Marunda kali ini, dinext blog akan dijelaskan lebih detail lagi bagaimana sistem proses untuk pengerjaan project Operation and Maintenance dari sisi Technical Service Fabrication dan Technical Service Installation.

#Projectengineer #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Engineering #Engineer #Indonesiaproject
#Industrialengineer #Mahesstory #Maheswariandini 

Comments

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?