Rangka Penelitian (Part 2) Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda

Rangka Penelitian - Mengurangi Limbah Fabrikasi Berbahaya dalam upaya “Material Value Conservation” 

Apa Yang Mendasari Pernyataan Persoalan Riset ?
Berkembangnya proyek di Indonesia berpengaruh pada permintaan alat pendukung seperti cakram gerinda, sementara perbandingan permintaan dan pemanfaatan material bekas pakai dari limbah cakram gerinda tersebut belum terfikirkan pengelolaanya, mengakibatkan cakram gerinda sisa pakai tersebut terbuang secara percuma dan menjadi limbah berbahaya bagi lingkungan.
Material cakram gerinda sisa pakai yang menimbun, menjadi beban dari pengelola limbah di perusahaan dan berakibat fatal untuk lingkungan. Untuk memperoleh pemanfaatan dari cakram gerinda dengan meningkatkan nilai material yang sebaik-baiknya. Prinsip ini dikembangkan berdasarkan teori konservasi nilai material yang diperkenalkan oleh Bpk. Prof. Dr. Ir. Djoko Sihono Gabriel, M.T (2016).  Maka perlunya dilakukan riset tentang re-manufacturing cakram gerinda, agar disain cakram gerinda menjadi lebih efektif baik dari segi penggunaan dan bahan baku material,serta dapat mengurangi bahaya terhadap lingkungan secara signifikan, disain material baru yang dapat digunakan secara berkala sampai waktu limit materialnya benar – benar maksimal dan habis, serta mudah untuk di daur ulang kembali.

Rangka Penelitian (Part 2) Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda - https://maheswariandini.blogspot.com/
Limbah Cakram VS Cakram Baru

Bagaimana Pernyataan Tujuan Risetnya ?
Riset ini bertujuan untuk mendapatkan peningkatan nilai dalam pemanfaatan material cakram gerinda agar lebih efisien dalam segi penggunaan dan pemanfaatan bahan baku material, dengan melakukan alternative re-manufacturing untuk mendapatkan disain gerinda baru. Disain cakram gerinda baru di harapkan dapat me-reduce penggunaan material secara signifikan, dan mengurangi limbah terhadp lingkungan. Alternative tersebut di targetkan dapat meningkatkan penggunaan cakram gerinda agar lebih efisien dan mengurangi faktor ekonomi dalam hal pengurangan limbah yang dihasilkan dalam pemanfaatan dan penggunaan langsung di lapangan.

Rangka Penelitian (Part 2) Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda - https://maheswariandini.blogspot.com/
Ukuran Cakram Gerinda Baru VS Cakram Gerinda Lama

Apa yang dapat digambarkan dalam Deskripsi Hasil Riset?
Hasil dari riset menghasilkan diantaranya berupa usulan desain baru dan prototype produk dari cakram gerinda yang di harapkan dapat meningkatkan nilai konservasi material, memaksimalkan fungsi dalam penggunaannya dan efisiensi dalam bahan baku material, serta mengurangi dampak limbah berbahaya terhadap lingkungan. Konservasi nilai material dimaksudkan untuk menambah nilai dari material yang sudah tidak bernilai menjadi material yang bernilai sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suatu produk. (Bpk. Prof. Dr. Ir. Djoko Sihono Gabriel, M.T, 2017).

Rangka Penelitian (Part 2) Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda - https://maheswariandini.blogspot.com/
Limbah Remanufacturing Gerinda Yang Telah Di Modiv VS Limbah Normal

Bagaimana Potensi dan Manfaat Yang Dihasilkan Dari Penerapan Hasil Riset ?
Riset ini di harapkan dapat bermanfaat untuk :
1. Memaksimalkan menggunaan semua bagian dan bahan dari cakram gerinda, sampai pada tahap maksimal.
2. Mengurangi biaya pengelolaan limbah dan dampak negatif terhadap lingkungan.
3. Mengurangi konsumsi sumber daya alam, bahan baku dan material.
4. Menyediakan alternatif penggunaan cakram gerinda dengan efektif dan efisient.
5. Memberikan usulan disain cakram gerinda baru agar lebih efektif dan efisient.

Apa yang termasuk Ruang Lingkup dan Batasan Riset ?
Penelitian di lakukan di tiga perusahaan yang bergerak di bidang EPC di Indonesia. Riset ini dibatasi pada penggunaan cakram gerinda terutama pada jenis amplas gerinda (Grinding Wheel) yang berukuran 7”, yang biasa di gunakan pada proyek besi dan baja di perusahaan EPC. Cakram gerinda tersebut digunakan sebagai salah satu alat pendukung dalam proyek, riset ini berfokus pada re-manufacturing disain cakram gerinda, agar menghasilkan disain baru dari cakram gerinda yang lebih efisien secara material.
Dalam riset ini penulis melakukan batasan sebagai berikut :
1. Riset akan dilakukan terhadap sampel cakram gerinda jenis (Grinding Wheel) yang berukuran 7”. Cakram gerinda dengan  jenis  ini  dipilih karena paling banyak digunakan di berbagai proyek EPC dan industri di seluruh dunia dan dapat di gunakan secara multifungsi.
2. Disain ulang cakram gerinda dalam konteks re-manufacturing dibatasi hanya untuk  penggunaan dalam industry besi dan baja standar SS400 & A360,  serta pergantian perancangan daur ulang pun di gunakan pada inti gerinda disain cakram gerinda baru menggunakan material A606 Alloy Steel, serta di lepas rakit dengan bantuan mur dan baut standar.
3. Material A606 Alloy Steel, serta mur dan baut standar, diasumsikan aman secara penggunaan dan kuat secara ketahanan materialnya, pergantian tersebut tanpa merubah fungsi kegunaan cakram gerinda itu sendiri. Satu disain gerinda yang sama, dengan material yang sama di gunakan dalam penggunaan praktek langsung di lapangan selama 5 kali pengujian.
4. Data di asumsikan cukup untuk mewakili penggunaan cakram gerinda di perusahaan EPC sejenis baik yang berada di Indonesia atau pun di seluruh dunia.

Rangka Penelitian (Part 2) Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda - https://maheswariandini.blogspot.com/
Estimasi Perhitungan Konversi Limbah Gerinda Jika Di Rupiahkan

Apa Saja Metodologi Riset Yang Mendasari Penelitian Ini ?
Riset mengenai disain untuk konservasi nilai material produk cakram gerinda dalam konteks manufacturing menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan riset dibuat sedemikian rupa berdasarkan observasi dan evaluasi sebagai bahan pengumpulan data. Observasi dilakukan dengan pengambilan data aktual di perusahaan, penilaian secara visual, wawancara singkat, rekaman gambar. Sedangkan metode evaluasi menggunakan analisa sistem jenis riset menyeluruh untuk (pengujian) melihat variabel-variabel yang mempengaruhi, terutama dalam disain gerinda lama untuk di analisis agar mendapatkan gambaran tentang disain baru yang dapat meningkatkan konservasi nilai material, setelah di dapatkan gambaran selanjutnya fokus menganalisis disain baru, agar disain baru dapat mencapai target penggunaan sesuai dengan harapan, dapat me – reduce bahan baku material dalam cakram gerinda dan mengurangi limbah berbahaya terhadap lingkungan.

All About Re-manufacturing “Material Value Conservation” Cakram Gerinda Related To:
#Projectengineer #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Engineering #Managementproject #Engineer #Indonesiaproject #Fabrication #Piping #Pipeline #Industrialengineer #Mahesstory #Maheswariandini 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?