Kelas Inspirasi dan Maknanya


Apa yang harus disadari ketika kita memutuskan untuk menjadi relawan suatu kegiatan? Pelajarannya? Maknanya? Manfaatnya?

Kelas Inspirasi mengajarkanku banyak sekali hal baru, teman baru dan pengalaman baru, selain itu kami para relawan menyadari bahwa.
Berbakti pada negeri adalah panggilan dari hati.
Kenapa panggilan dari hati? kerena sebagai salah satu wadah acara yang menjembatani para professional untuk membagi pengalamanya, tidak semua professional tertarik untuk terlibat didalam acara ini, karena para relawan pengajar harus mengenyampingkan kesibukanya, mengalokasikan beberapa jam waktunya setiap malam untuk koordinasi, mengorbankan waktu weekendnya yang berharga, bahkan nominal dalam bentuk materi hanya untuk ikut berpartisipasi. Tidak ada alasan pendorong yang lebih baik selain “penggilan dari hati”.
Arti sejati kehidupan adalah mengabdi pada nilai-nilai kemanusiaan.



Profesiku sebagai engineer ternyata bisa bermakna bagi para anak bangsa
Salah satu hal yang menurut saya perlu diperbaiki dari pendidikan Indonesia adalah, kemampuan para anak murid menentukan dan memilih profesi mereka kelak, dalam setiap sekolah selalu sama, mereka hanya mempunyai 5 mayoritas profesi (Dokter, Guru, Tentara, Polisi, dan pamain bola). Untuk tau engineer/insinyur jangan kan anak SD, saya pribadi pun tidak tahu apa itu insinyur saat seumuran mereka, hanya paksaan orang tua yang menjadikan saya masuk ke dalam bidang ini, dan Alhamdulilah cocok. Typical para anak murid di Indonesia, mayoritas penentuan profesi sesuai dengan keinginan orang tuanya. Jika keinginan orang tua seiring dengan keinginan c anak ini sangat mendukung, tetapi jika tidak seiringan, ini sama saja memaksa mereka mengikuti apa yang tidak mereka suka. Saya bahagia menjelaskan sedikit demi sedikit apa yang dimaksud profesi sebagai engineer, setidaknya mereka tau profesi baru yang mungkin bisa menjadi salah satu alternative cita – cita dalam mimpi mereka. Saya tahu tidak ada orang-orang hebat kecuali mereka yang memiliki pengabdian besar pada kemanusiaan.


Mencerdaskan anak bangsa adalah tanggung jawab Bersama
Mengapa menjadi tanggung jawab Bersama? Karena pendidikan memiliki ikatan yang sagat kuat dengan kemiskinan. Masyarakan di bawah garis kemiskinan memiliki kesempatan pendidikan yang terbatas, seseorang yang dilahirkan di tengah kemiskinan akan cenderung tidak bisa sekolah karena keterbatasan biaya untuk mengenyam pendidikan. Memang ada beberapa kasus anak dari keluarga miskin yang sangat berprestasi dan luar biasa dapat sekolah tinggi, tapi mungkin hanya 1 : 1000 orang dengan kemampuan seperti itu. Bagi para relawan professional yang mengikuti KI, mayoritas adalah Sarjana, banyak pula dengan gelar magister, dan beberapa diantaranya doctor yang berprofesi sebagai dosen. Sebagai profesional sesuatu yang harus disadari adalah untuk membantu menuntaskan kemiskinan salah satu caranya adalah dengan memiliki tanggung jawab bersama untuk mencerdaskan anak bangsa. Ketika kemiskinan teratasi maka sebagian besar masalah pendidikan pun teratasi. Ketika pendidikan semakin baik maka kemiskinan pun teratasi, karena satu – satunya yang dapat menuntaskan kemiskinan adalah dengan pendidikan dan ilmu.
Jangan pernah berbangga dengan gelar yang dipunya, gunakan dan manfaatkan dengan sebaik – baiknya untuk diri sendiri dan untuk orang – orang disekitar kita


Dan yang paling penting adalah menularkan inspirasi adalah salah satu cara untuk berbagi.
Sebagai pekerja professional salah satu hal yang bisa dibagikan adalah ilmu dan pengalamanya. Dalam setiap pertemuan yang selalu saya tegaskansalah satunya adalah tentang pentingnya menuntut ilmu setinggi – tingginya, fokus dengan masa depan, membangkitkan harapan mereka, membantu mereka mempunyai visi dan misi yang jelas. Melihat mereka tertarik dengan banyak hal adalah salah satu hal yang terbaik yang pernah saya lihat, setidaknya mereka tau apa itu profesi engineer.
Pemimpin yg sukses diukur dari seberapa banyak orang yang telah dibina, dimotivasi, dibantu dan dikembangkan sehingga dapat menjadi lebih sukses dan lebih baik dari dirinya.





Sindangkarya, Anyar, Serang, Banten

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Apa itu Area Jetty ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???