Kelas Inspirasi Serang - Pentingnya Motivasi


Kau bisa membayar orang untuk mengajar
Tapi kau tak bisa membayar mereka untuk peduli

Ini adalah kelas inspirasi pertama ditahun 2019, resolusinya tahun ini kegiatan social harus makin sering diikuti. Siang ini untuk kesekian kalinya saya kembali berpartisipasi. Saya sadar sebagai seorang engineer lapangan ilmu mengajar tidak pernah diajarkan dalam dunia teknik yang lumlah saya geluti. Hanya sedikit panggilan jiwa yang membuat saya tergerak untuk terus aktif mengikuti kegiatan social.
Mengajar bukan lah profesi utama saya, hanya menyalurkan hobi yang sepertinya terpendam dan berharap selalu bermanfaat. Mengajar adalah salah satu kegemaran, kegemaran yang saya selalu rasakan dalam keramaian dan tawa penuh riang para anak kecil. Saya berusaha mencapai sebuah kesimpulan yang sangat berpengaruh saat saya berada di dalam kelas. Saya pengajar, dan saya adalah unsur penentu utama dalam kelas tersebut. Pendekatan secara emosional antara saya dan anak murid yang akan menciptakan iklim suasana dalam kelas, apakah menjadi sebeku salju, sehoror neraka, atau seceria matahari pagi. Suasana hatikupun ikut berperan dalam membuat cuacanya, dingin, gelap atau terang benderang. Sebagai seorang pengajar amatiran tanpa basic ilmu pendidikan saya berusaha memuncuklan banyak kekuatan besar untuk membuat seseorang menderita dalam kebosanan atau bergembira. Saya dapat dengan mudah menjadi alat pematah semangat atau pemberi motivasi yang mengilhami. Dapat bercanda sesuka hati atau mempermalukan mereka dengan mudah, melukai atau menyembuhkan, memperlakukan sebagai manusia berharga atau merendahkannya.

Saya bukanlah seseorang yang sabar, bersifat koleris dengan cadangan tempramen yang selalu menggebu. Menghadapi para pekerja lapangan dengan ketegasan dan teriakan, sangat bertolak belakang dengan para jiwa polos anak SD. Tidak jarang saya berusaha sangat sabar, jika mereka susah sekali dikendalikan. Disini saya selalu belajar, kembali belajar, terus belajar. Kerena mereka lebih membutuhkan motivasi setinggi langit dari pada amarah dan ketegasan saat saya dalam kelas.
Seorang pengajar bertanggung jawab agar hasil dari pembelajaran berhasil dengan baik, apa tolak ukurnya ? Sebagai pengajar amatiran saya pribadi berpendapat bahwa membangkitkan motivasi belajar dan mimpi para anak murid adalah salah satu yang terpenting. Kenapa motivasi  menjadi salah satu hal terpenting ? karena motivasi adalah salah satu cara mendorong semangat belajar para anak murid, dan sebaliknya pula kurangnya motivasi pada nak murid akan melemahkan semangat belajar mereka, tidak semangat belajar, males – malesan, karena kurangnya tekat dan motivasi dalam diri.



Dalam suatu kelas para saya yakin setiap murid memiliki kemampuan yang sama, tapi pasti berbeda dalam hal kepribadian dan minat. Ada anak yang mampu memotivasi diri sendiri, dan mendiri dalam segala hal dan adapula yang perlu pertolongan para pengajar untuk memacunya. Teruslah belajar, dan ingat selalu terus kosongkan gelasmu jika bertemu dengan orang baru, karena pelajaran berharga didaparkan dari manapun, bahkan dari seorang anak SD.

Gagal itu urusan nanti yang terpenting kita berani untuk mencoba dan mencoba

Sindangkarya, Anyar, Serang, Banten

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Apa itu Area Jetty ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???