Mahasiswa “Grade C”

Perkuat mental dan karaktermu.
Maka kamu akan selalu berbahagia dengan pilihanmu.
Karena kampus bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat berorganisasi.
Saat kuliah mungkin saya termasuk kedalam salah satu mahasiswa ber “Grade C”. Istilah “Grade C” mungkin pantas disematkan untuk para mahasiswa ber IPK 2 koma. Soal akademik masuk kedalam urutan menengah kebawah, bukan termasuk mahasiswa pintar or penurut, dan hanya mampu lulus dengan IPK dibawah 3.

Pada masa itu, dari pada berada dikelas, rasanya lebih menarik berada diluar ruangan dengan semua urusan dan acara organisasi. Terlibat dilima organisasi berbeda, ditambah menjadi asisten lab or menjadi MC dadakan diberbagai acara. Berbicara didepan umum, bersosialisasi, membuat acara, dan naik gunung, rasanya saya lebih paham hal tersebut dari pada ditanya bagaimana menghitung rumus matrix dan persentil. Sebagai mahasiswa dengan status “Grade C” apa yang bisa dibanggakan? Selain tumpukan kaos dan jaket kepanitiaan gratisan dalam lemari or lembaran sertifikat organisasi sebagai bekal CV nanti, dengan harapan “dapat membantu” saat mencari pekerjaan setelah lulus. Dosen mana yang mau menjadikan anak emas? masuk kuliah aja jarang. Or tatapan meremehkan banyak orang ketika kamu telat masuk kelas karena ketiduran semalam rapat sampai subuh. Ditambah saat lulus mungkin paradigma “emang ada perusahaan yang mau nerima”, mahasiswa dengan ipk pas – pasan?
Tujuh tahun sejak saya meninggalkan kampus, saya paham dan bersyukur sekali, 
Soft skills akan selalu berguna dimanapun kamu berada.
Saat lulus, ternyata pengalaman organisasi & mentalmu jauh lebih diperlukan dari pada tingginya nilai IPK. Kerena pengalaman dan soft skill mu sangat dibutuhkan unjuk bekerja.
Pertanyaan yang dilontarkan saat interview bukanlah seberapa pintar kamu? Or seberapa besar IPK kamu? Tapi, apa yang bisa kamu kerjakan? Dan bagaimana kamu menyelesaikan masalah?
Sampai saat ini 2018,
Saya sudah mencoba bekerja ditujuh perusahaan berbeda, ditambah dengan lusinan pengalaman interview diberbagai perusahaan. Dan tidak ada satupun dari perusahaan itu yang bertanya, seberapa tinggi IPK mu?
Pengalaman pribadi berbicara bahwa, soft skills saat organisasi sangat membantumu dalam mendapatkan pekerjaan.
Komunikasi, baik secara verbal atau pun non-verbal – Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman berkomunikasi saat di kampus, hanya karena organisasi.
Tidak arogan dan mau bekerja sama dengan siapapun – Pengalaman berorganisasi pun menjadikan kamu pribadi yang lebih baik, supel dan dapat bekerjasama dengan siapapun.
Mampu untuk beradaptasi dengan semua perubahan – Membuat plan, schedule dan rincian acara organisasi akan membuat kamu mahir untuk memacu kreatifitas terhadap semua perubahan yang cepat terjadi.
Cepat beradaptasi dengan lingkungan baru – Survive di alam liar berminggu – minggu, membuat saya sadar, bahwa sampai saat ini, saya belum merasakan kembali, tingkat adaptasi yang lebih berat dari itu.
Dapat menggunakan otaknya dengan baik untuk memecahkan masalah – Disaat komunikasi mu baik, kerjasamamu terlatih, adaptasimu teruji, saya yakin otamu akan berjalan dengan lebih baik untuk mudah memecahkan masalah.

Dan semua itu hanya didapatkan di “ORGANISASI”

Belajar untuk menerima seluruh pekerjaan di luar tugas utamamu.
Pacu keberanian mu dan mulai lah mencoba lebih banyak lagi.
Karena yang membesarkan pribadimu bukanlah seberapa tinggi kekuasaanmu.
Karena yang membesarkan dirimu bukanlah seberapa pintarnya kamu.
Karena yang membesarkan karaktermu bukanlah seberapa pentingnya kamu.
Yang mampu membesarkanmu, hanyalah apa yang dapat kamu lakukan, apa yang kamu perbaiki, dan apa yang kamu kerjakan.

Organisasi pada masa kuliah, sangat berperan dalam membesarkan mental, membuat merasa berharga, menggali potensi, mengajarkan keberanian, mengasah kreatifitas. Sisi positif dari mahasiswa yang sangat aktif berorganisasi adalah dapat mencoba lebih banyak, belajar lebih banyak, dan mempunyai teman lebih banyak, baik dari berbagai jurusan, angkatan yang berbeda, dan tentunya rektorat.
Dan,
Terimakasih banyak karena saya hanyalah mahasiswa “Grade C”

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?