Kelas inspirasi Karawang

Oktober 2018,
Kuliah telah selesai, waktu weekend yang berharga kini kembali lagi. Antara happy sekarang setiap weekend aku punya banyak waktu untuk adventur dan berkegiatan social, dan rasa galau sebenernya, biasanya sibuk kuliah sekarang berusaha mencari kesibukan yang bermanfaat , adventure dan memperbaiki silaturahmi, maklum kemaren – kemaren sok sibuk.
Karawang adalah satu satu kota industri yang maju, bahkan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara ini menyimpan banyak potensi, keindahan alam dan juga debu industri. Wajar saja karena Kabupaten Karawang sedang dibanjiri proyek-proyek besar yaitu Summarecon, Agung Podomoro, Agung Sedayu, Metland dan lain-lain. Rencananya Karawang akan memiliki bandara internasional, dan kereta cepat yang berada di selatan kota Karawang.
Karawang juga menjadi saksi sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia, Terdapat Monumen Gempol Ngadeupa di Karawang Selatan, Dalam catatan sejarah indonesia, Pada tanggal 16 Agustus 1945, Bung Karno beserta rengrengannya merumuskan Kemerdekaan Republik Indonesia di Rengas Dengklok, namun sejarah tidak pernah mencatat nilai perjuangan di Karawang Selatan, yang ternyata begitu luar biasa.
Sekitar 2 jam perjalanan dari kota Karawang, ada desa yang bernama Desa Kutamaneuh Kec. Tegalwaru  berada di selatan Kabupaten Karawang perbatasan Kab Purwakarta, kondisi jalan yang lumayan baik, meski ada beberapa area yang masih berbatu, desa ini dikelilingi oleh perbukitan, desa ini juga terdapat banyak sekali curug yang indah. Sebagian besar wilayah Kabupaten Karawang adalah dataran rendah, dan di sebagian kecil di wilayah selatan berupa dataran tinggi. 
Kondiri rumah warga sekitar sekolah

Kondisi sekolah
Penduduk Desa Kutamaneuh pada umumnya adalah petani ladang, potensi sumber daya alam yang ada diwilayah ini sebagian besar adalah ladang dan hutan yang dipergunakan oleh masyarakat untuk bercocok tanam, 90% orang tua murid berprofesi sebagai petani. Jengkol tumbuh subur didesa ini, saya sampai kaget disemua masakan pasti terdapat jengkol. Sarapan nasi uduk pake jengkol, bahkan gorengan yang di jual di SD tempat saya mengajar pun berbahan jengkol.


Kegiatan warga sekitar sekolah

Warung diarea sekolah
Banyak misi terpendam kenapa saya rajin ikut KI, KI mengajarkan banyak hal terutama rasa bersyukur yang amat besar. Dan pacuan semangat untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik lagi. Kelas inspirasi Karawang adalah kelas inspirasi ke 5 yang yang ikuti, setelah Tasik, Garut, Jakarta dan Bekasi.
Hidup ini sederhana,
Jadi lah orang baik, bukan orang sukses.
Karena yang penting bukanlah bagaimana caramu hidup,
Tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu.



Saya mengajar di SDN Kutamaneuh 1, di SD ini terdapat  6 kelas dengan kondisi memprihatinkan, meja dan kursinya sudah usang dimakan rayap, rapuh dan keropos. Belum lagi papan tulis yang berubang, lantai yang sudah hancur, atap yang rapuh dan berlubang. Terdapat pula 1 ruang guru yang sebenarnya tidak layak disebut ruang guru dengan kondisi yang hampir sama, toilet seadanya. SD ini berisikan 86 murid dari kelas 1 sampai kelas 6, terdapat 7 guru yang 3 diantaranya berstatus hanya guru honorer. Tidak ada listrik di SD ini, kondisi atap sekolah yang mau roboh dan bocor disetiap hujan. Belum lagi perlu usaha exstra untuk sampai SD ini karena berada di atas perbukitan. Tapi karena berada diatas bukit, SD ini menyimpan pemandangan luar biasa dan udara yang sejuk.






Saya pribadi menganggap mengajar itu salah satu kegiatan yang menyenangkan, simple sih, melihat anak SD ketawa – ketawa itu udah luar biasa membahagiakan. Apa lagi ikut memberikan inspirasi bagi mereka, tentang profesi pekerjaan saya, apa sih itu engineer ?? dan di saat puncak akhir acara, mereka mengingat nama saya, profesi pekerjaan saya, apa yang saya kerjakan dan mereka ingin menjadi seperti saya. Itu adalah kebanggaan pribadi seorang pengajar, mengapa ? karena influencnya sampai kepada mereka.




“Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang-orang lain pandai” ― Pramoedya Ananta Toer 

Semoga SD ini segera mandapatkan perhatian dari pemerintah setempat, perbaikan fasilitas terutama prasarana akan jauh lebih mendukung fasilitas belajar mengajar, meningkatkan kreatifitas mereka yang memang sudah baik. Pengalaman saya mengajar, anak – anak pedesaan selalu lebih aktif dan berani untuk tampil ke depan kelas. Mereka tidak takut salah, berani berkreasi dan mencoba sesuatu yang baru.




Anak kecil adalah media yang paling baik untuk dilatih, di arahkan, tanpa takut salah jalan, membiarkan mereka berkreasi dan bebas menjadi apa yang mereka inginkan. Karwang memiliki anak – anak berpotensi, berani, percaya diri, walau dengan keadaan yang serba terbatas.
 Jika di bandingkan dengan sekolah ditengah kota jauh sekali perbedaanya, saya jadi ingat soal B. inggris dan mandarin yang saya lihat sehari sebelum mengunjungi Karawang, soal yang di perlihatkan seorang teman sekantor, sambil bercerita besok ujian anaknya yang baru kelas 4 SD. 






Sangat dramatis melihat hal tersebut, sama – sama tinggal di Indonesia tetapi mendapatkan fasilitas dan Pendidikan yang jauh berbeda, bukankah sila ke 2 berisikan “Kemanusiaan yang adil dan beradab” mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Kesenjangan social yang sangat signifikan ini semoga bisa segera diperbaiki lagi. Tugas yang berat untuk meminta perubahan cepat dan ideal, setidaknya untuk sekarang, yang bias saya probadi lakukan adalah memberikan gambaran tentang pentingnya belajar setinggi – tinginya. 

Ada persamaan antara penemu alat dan penyusun konsep..
Mereka bermula dari kebebasan jiwa dan berlanjut dalam kreasi,
Kedua duanya menolak pengekangan, keduanya melintasi angan dan tabu..



Hai para calon konglomerat, tetap semangat !
Kamu harus rajin belajar dan membaca, jangan ditelan sendiri...





Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?