Aktivis dan Para Pengejar IPK

Soft Skill Organisasi atau tingginya point dalam transkripmu?
Mana yang lebih penting?
Hari ini ceritanya kami akan ngopi bareng, enam perempuan dalam satu jurusan yang sama, tujuan yang sama. Survive bekerja di Ibukota Jakarta, dan kebetulan hal yang membuat kita nyambung untuk ngobrol adalah kami satu didikan “Organisasi” yang kuat, dengan kata lain aktifis pada masanya.


Dari mereka saya kembali mendengar banyaknya berita tentang kampus, salah satunya adalah tahun ini kami kembali kecewa, karena acara ospek dijurusan kami tidak dapat dilakukan, ditambah berita tentang praktikum super berat yang sekarang banyak dimudahkan. Tidak ada ospek, tidak ada tugas 24 jam, tidak ada praktiku penuh begadang. Ohhhh ia,..masa mungkin sudah berubah, mahasiswa tidak boleh tertekan dan di push terlalu keras, karena takut terganggu mentalnya, or dilaporkan sebagai tindakan kejam tidak bermanusiawi. heheheh..is so funny…
Padahal bibit – bibit dari para aktifis kampus dan penggerak organisasi nantinya akan tersaring saat ospek, sesuatu yang disayangkan salah satu tradisi ini harus dihapuskan.
Apakah mereka tau, ketika mencari kerja mental kalian jauh lebih diuji dari pada menghadapi ospek? Apa mereka tau, praktikum 24 jam ga ada apa-apanya dibanding target schedule di tempat kerja? Apa mereka tau, pentingnya mental “pejuang” bukan “pengemis”? kalo semua dimudahkan?Apakah mereka tau organisasi membantumu dalam beradaptasi dan mencari kerja nantinya?


Kampus dan Organisasi, adalah dua hal yang berkaitan. Manakah dari mereka yang akan sangat membantumu? Organisasi sangat membantu.
Apakah aktif organisasi membantumu dalam berkarir? Ya, aktif organisasi sangat membantu dalam berkarir. Apakah tingginya point IPK membantumu dalam berkarir? Ya, untuk sebagian perusahaan, IPK tinggi membantu sebagai pintu masuk “Administrasi” dalam seleksi karyawan, tapi ketika kamu melewati taham administrasi, selanjutnya tetap soft skill jauh lebih diperlukan. 
Mengapa, menjadi aktifis organisasi akan membantumu berkarir? Karena para aktifis organisasi biasanya memiliki soft skill yang terasah dengan lebih baik. Dengan berorganisasi kita pacu untuk berfikir kreatif, belajar membuat acara dan rencana, belajar memecahkan masalah, belajar berbicara. Tidak hanya berkutat soal akademik didalam bangku kelas, berorganisasi juga membuka peluang kita untuk bisa berkenalan dengan orang-orang hebat, senior angkatan, dan mahasiswa kampus lain.
Bukankan paradigma berkata sebaliknya ? mahasiswa aktif organisasi adalah para bad, rebel, or stupid student? Tidak semua, tergantung dari apa yang kamu citrakan. Saya aktifis, saya lulus pertama dalam satu angkatan, tanggung jawab dalam diri sendiri dan pada orang tua akan membantumu untuk memilah mana yang baik atau tidak.
Gimana cara bagi waktunya, kalo sibuk organisasi? Ini adalah salah satu pertanyaan klasik dan naif, yang sering bgt dilontarkan sebagai alasan untuk menolak ajakan berorganisasi, takut “ga bisa bagi waktu dan kuliah terbengkalai”. Intinya jika kamu melakukan sesuai dengan passion, or hobimu, semuanya akan lebih mudah, ga ada yang harus dibagi, hanya akan berjalan beriringan. Saya tetep lulus 4 th. Poin plusnya adalah pengalaman mengatur prioritas.
Kenapa mahasiswa harus berorganisasi? Yakin mau jadi mahasiswa tipe “Kupu – Kupu” (kuliah pulang-kuliah pulang, selama 4 tahun. Apa ga sayang waktunya, terbuang percuma? Sayang banget ga sih, kalo selama 4 th di kampus, hanya untuk belajar, tanpa mengikuti satu pun kegiatan organisasi. Inget aja, seseorang yang berkarakter dan memiliki soft skill yang terasah, hanya terbentuk saat kamu mengikuti organisasi yang positif.


Buat para adik kelasku, kita ini mahasiswa kampus swasta, orang tau nama kampusnya juga udah Alhamdulilah. Jadilah mahasiswa yang cerdas, bukan hanya tingginya point akademik dalam transkripmu, tapi juga non akademik. Soal otak or akademik udah ga usah sok – sokan, kalian kalah jauh dengan para anak Ganesa. Soal open mind, pergaulan dan cepatnya perkembangan jaman, kalian kalah dengan para anak jaket kuning. Diluar sana ada ribuan mahasiswa dengan nilai akademik baik, maka tolong jadilah yang pasti – pasti aja, berbeda dengan kapabilitas dan intelektual . Cari yang kalian bisa, salah satunya dengan aktif berorganisasi, asah soft skill kalian, siapa tau bisa mengimbangi mereka saat berjuang dan bersaing di dunia kerja.
Tertanda, Industrial Engineering 07

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?