Load Out - HCML Project at Bakrie Construction


Hari ini diriku menghadiri undangan khusus untuk menghadiri load out HCML proyek di Yard Bakrie Construction Cilegon, HCML adalah salah satu proyek ribet yang Bcon pegang, selain karna ini proyek untuk offshore dengan spec material khusus, plus juga dengan harga yang mahal, belum lagi banyaknya miss com dalam jalannya proyek yang menyebabkan proyek ini berjalan tersendat – sendat serta mengalami over cost dengan jumlah nominal yang lumayan besar.


Hari ini sedikit beban itu hilang, saya melihan muka bapak PM sumringah sekali, foto2 di pinggir jetty, karena akhirnya part terakhir dari proyek ini yaitu topsite load out juga, Alhamdulilah ya..


Dalam proyek ini diriku tidak terlibat langsung, hanya karena hampir semua engineernya resign sehingga terjadi ketimpangan dalam PMT proyek, sehingga diriku menggantikan dibagian cost controlnya. Salah satu hal yang menyebalkan dalam pekerjaan proyek salah satunya adalah hal seperti ini, mengerjakan proyek di akhir – akhir tanpa tau history proyeknya seperti apa dulu. Pusingnya ga usah ditanya, ga tau juga mau nanya sama siapa karena udah pada resign, satu – satunya hal positif yang bisa dipetik dari hal seperti ini adalah kita sebagai engineer PMT dapat belajar sesuatu yang baru, ilmu baru, pengetahuan baru tentang proyek. Percaya aja karena semua yang dikerjakan itu ga akan pernah ada yang sia – sia. Kalo kata babang ipang Tetap tersenyumlah, Biar semakin mudah.

Balik lagi nih cerita soal load out, pagi ini sehabis subuh langsung berangkat ke Cilegon, Jakarta – Cilegon memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, alhsail kita sampai sekitar jam 10 an di sana, dan proses loadout dalam tahapan persiapan.
Dari office jalan ke yard itu sesuatu bgt panaass pake bgt, diriku hanya bertahan disana sampai waktu dzuhur tiba, langsung alesan balik lagi ke office buat solat, ampun deh lama – lama di jetty bisa dehidrasi. Load out biasanya berjalan sangat perlahan dan hati – hati sekali, sehingga membutuhkan waktu dan persiapan yang lumayan lama.


Buat yang blm tau apa sih load out itu ?
Intinya proses ini adalah pemindahan material dari yard ke kapal di laut, proses load out merupakan proses yang paling beresiko dalam proses fabrikasi bangunan lepas pantai (BLP), karena pengerjaan rangkanya didarat dan instalasinya dilakukan dilaut, rangka structure tersebut harus di pindahkan ke laut, nah pemindahan material tersebut sangat beresiko, karena biasanya kerusakan sangat besar terjadi.

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?