Mancari ketenaran di langit


Puasa hari ke 7 di Bakrie Tower, pengisi Kajian Dzuhur Ramadhan adalah Syeikh Fikri Toriq. 

“Tidaklah seseorang mencari ketenaran, keterkenalan atau ingin terkenal melainkan ada penyakit di dalam hatinya”


Menjadi terkenal adalah sebuah kenikmatan pada pandangan manusia. Banyak orang yang ingin menjadi terkenal, banyak orang yang ingin menjadi artis, ikut berbagai ajang ini itu hanya demi masuk TV. Padahal keterkenalan adalah salah satu ujian. Menjadi terkenal tidaklah salah. Yang salah adalah jika niatnya salah. Ada orang yang ingin terkenal, kemudian menghalalkan berbagai macam cara meski hal-hal yang dilarang oleh Allah sekali pun. Dan akan lebih berbahaya lagi manakala setelah ia terkenal, ia menjadi contoh buruk bagi orang lain, karena dengan begitu keburukan akan semakin menyebar. Karena biasanya orang yang terkenal cenderung akan diikuti oleh orang lain.
Kemasyuran adalah ujian yang berat. Orang yang semakin terkenal tapi semakin mabuk dengan pujian orang terhadap dirinya, maka semakin berat baginya untuk lulus dari ujian ini. Sedangkan orang yang akan selamat dari ujian ini adalah orang yang senantiasa menyadari bahwa ada tanggung jawab besar di balik popularitasnya, sehingga ia semakin mendekat kepada Allah, memohon perlindungan-Nya dan menjadikan popularitasnya sebagai kendaraan untuk mengajak orang-orang semakin dekat kepada Allah.

“Allah hanya hendak membebani mereka dengan ujian yang lebih berat berupa kemasyhuran”

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa dapat memberikan suri teladan yg baik dalam Islam, lalu suri teladan tersebut dapat diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat untuknya pahala sebanyak yg diperoleh orang-orang yg mengikutinya tanpa mengurangi sedikit pun pahala yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa memberikan suri teladan yg buruk dalam Islam, lalu suri teladan tersebut diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa sebanyak yg diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa yang mereka peroleh sedikit pun.” (HR. Muslim)

Mencari ketenaran di antara penghuni langit. BELAJAR pada kisah Uwais Al - Qarni, seorang pemuda dari Yaman yang faqir dan yatim. Tidak banyak orang yang mengenalnya. Tapi, Rasulullah mengenalnya disebabkan namanya mahsyur dilangit, sebab ia adalah seorang yang zuhud, yang terpilih, yang suka menyembunyikan amalnya, seorang anak miskin yang bijak, mudah bergaul, memakai dua kain lusuh, dan hanya mempunyai sepasang baju saja. Sampai-sampai ia tidak bisa melaksanakan ibadah karena tidak mempunyai baju untuk shalat. Tidak dikenal di bumi, tapi terkenal diantara penghuni langit. Begitulah cerita Nabi Muhammad kepada para sahabat-sahabatnya mengenai prihal sebab ketenaran Uwais di langit. Lalu Nabi menambahkan, “Wahai ‘Umar, wahai ‘Ali, jika kalian bertemu dengannya, maka mintalah agar dia memintakan ampunan bagi kalian berdua, niscaya Allah akan memberi ampunan bagi kalian berdua.”

Mengapa Rasulullah mengatakan hal demikian. Ternyata karena Uwais al-Qarni adalah anak yang sangat berbakti kepada ibunya. Setiap ia berdoa kepada Allah, pasti doa nya akan dikabulkan. Yang jika saja ia berdoa kepada Allah untuk mendapatkan kenikmatan dunia, niscaya ia akan mendapatkannya. Namun ia memilih pilihan lain, lebih senang terhadap keadaannya yang miskin seperti sekarang, bahkan ketika Khalifah Umar menawarkannya kenikmatan dunia, seraya ia mengatakan

“Aku lebih menyukai menjadi bagian dari orang-orang miskin dan bergaul dengan mereka” (HR. Muslim)

Seseorang yang tidak terkenal dan tidak ingin terkenal, namun pada akhirnya menjadi orang yang terkenal di penduduk langit. Allah ridho padanya, Allah mengabulkan permohonannya, dan Allah menempatkannya pada kedudukan tertinggi disisi-Nya.

Bersusah payahlah, bekerja keraslah dan berusahalah agar menjadi terkenal di antara penduduk langit. Karena ketenaran di dunia sejatinya hanyalah tipuan belaka.

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?