Karena Bahagia itu adalah hanya soal “Pilihan”

Senyum selalu memiliki dua arti di dalamnya, yang pertama kita benar – benar bahagia. Yang kedua kita berusaha untuk menutupi kesedihan. Dua sisi yang selalu merefleksikan tentang apa yang dinamakan takdir, antara kolerasi yang kuat dari makna senyum dan sabar.

Bila mungkin ada luka coba tersenyumlah,
Bila mungkin tawa coba bersabarlah,
Karena air mata tak abadi, akan hilang dan berganti.

Setiap orang pasti pernah bersedih,  tetapi jika ia ingin kesedihannya hilang, bukan berarti harus dengan memamerkannya. Dan jika kita dapat mempertimbangkan lebih bijak lagi bahwa untuk menghilangkan kesedihan itu harus dengan bantuan orang lain. Maka cukuplah ia menceritakan kesulitannya, tanpa harus memamerkan wajah sedih sebegitu rupa, mencari iba atau sebagainya. Sebab, seseorang masih tetap harus menjaga kehormatan dirinya di hadapan orang lain, sekalipun ia menceritakan kesulitan dan kegundahan yang ia jalani.
Satu hal yang perlu kita renungkan adalah, bahwa Orang yang bahagia, bukan berarti orang yang tidak sedang ditimpa masalah atau musibah, bukan berarti orang yang bebas dari rasa takut, gundah dan khawatir. Sebaliknya, orang yang bersedih, juga bukan berarti orang yang tidak sedang mendapatkan karunia dan anugerah, tetapi bisa jadi mereka lupa pada nikmat yang telah diberikan.
Karena, banyak orang yang mendapatkan anugerah, tetapi justru hatinya bersedih. Sebaliknya pula, ada orang yang sedang ditimpa musibah, namun hatinya tetap bahagia. Ada orang yang kaya, tetapi justru dia menderita, sebaliknya pula ada orang yang miskin dan serba kekurangan namun ia tetap bahagia.



Maka, kembali lagi bahwa bahagia itu adalah pilihan. Walau klise, ikhlas menjalani semuanya akan membuat kita jauh lebih merasa bahagia. Walaupun mungkin kita tengah diuji dengan kesulitan yang berat sekalipun.

Kata mu,
Semua ada waktunya, semua harus begini, semua harus sesuai dengan harapan.
Kata ku,
Allah yang punya kuasa.
Adalah waktu-Nya yang dapat membolak balikan segala apapun yang ada.

Kalimat di atas mungkin terkesan tidak ada usaha dan pengorbanan di dalamnya, tapi kembali lagi semua orang tau untuk berhenti dan berusaha merelakan. Karena bukan berarti kita menyerah dalam perjuangan, melainkan bijak dan ikhlas menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak bisa di paksakan.
Kalo kata Ali dalam memaknai apa itu kebahagiaan dan apa itu kesedihan adalah hal sepele, HANYA soal “Dunia”. Mengapa kau harus bersedih atas apa yang tidak kau bawa saat datang dan tidak mengikutimu saat kau pergi ???. Bersabarlah atas urusan dunia, jadikanlah pandanganmu ke langit lebih panjang dari pandanganmu ke bumi dank au pun akan mendapatkan apa yang kau inginkan.
 Jika hati kamu terlalu beku, padahal satu yang pasti manusia sejatinya tidak tertarik dengan hal yang membuat saya bersedih. Pilihanya selalu pada dua keputusan, cepat atau lambat, yang pasti kita harus tau apa yang seharusnya di lakukan ketika harus meninggalkan apa yang menjadikan dirimu bersedih. Anggap saja mungkin itu salah satu petunjuk dari Allah, untuk memberitahu kita kalau bukan itu jalanya, bukan itu, itu salah, salah jalan, jalan yang salah. Tergantung pada tingkat kepekaan dan keihlasan kita, untuk menerima dan menyadari hal tersebut.
Karena kembali lagi, bahagia itu adalah hanya soal “pilihan”.


Sedih dan bahagia itu hanyalah rasa semu, bagian dari nikmat. Sungguh, orang yang tidak pernah bersedih, takkan bisa merasakan nikmatnya bahagia, begitu juga sebaliknya. Tetapi memamerkan kesedihan kepada orang lain bukanlah sebuah kebaikan. Memamerkan kesedihan malah akan membuat seseorang dikasihani. Saat seseorang tetap menampakkan kebahagiaan di depan orang,  Sekalipun sebenarnya ia hanya “berpura-pura” bahagia di depan mereka, itu jauh lebih baik. 

“Aku tidak peduli atas keadaan susah dan senangku, karena aku tidak tahu manakah diantara keduanya itu yang lebih baik bagiku..” --- Umar bin Khaththab ra.




Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?