Mulai dengan “Menulis”

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian --- Pramoedya Ananta Toer

Kenapa menulis ? Saya pelupa…Tapi saya ingin merekam semua memori yang pernah saya lalui. Saya pribadi lebih memilih membaca dan berbicara sebenarnya, bukan type penulis, bahkan banyak mungkin tulisan yang EYD nya berantakan. Bukan juga seseorang ya pandai merangkai kata, tapi ya tulisan sebagai media curhat, bertukar pengalaman atau pun pemikiran. Selain untuk mengisi waktu luang, pekerjaan project membuat segalanya sangat fluktuatif, ada kalanya kita sibuk setengah mati, waktu 24 jam serasa kurang, di awal sampai pertengan project mulai pasti semua engineer merasakan itu, tapi ketika di akhir project, lot pekerjaan berkurang, semuanya berubah santai, kalo di pake ga jelas santai ini bisa sangat melenakan, dari nonton youtube atau film seharian depan laptop untuk menghabiskan waktu. Akhirnya lebih memilih menulis, biar ga tambah bego kalo otak lagi ga di pake.

“Dua kenikmatan, yang kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang. [HR. Bukhari. No. 5933] Maka, jadikanlah setiap harimu bermanfaat dan penuh syukur.

Karya tulis adalah media efektif dalam Mengalahkan Sang Waktu kita bisa mempelajari sejarah orang hebat melalui tulisan yang merekam kehidupan mereka dan pemikiran mereka.
Menulis Penting untuk Menciptakan Kenangan, kembali lagi pada esensi memori, merekam jejak kehidupan, bisa di lihat kapan saja, untuk instropeksi diri dan merupakan tempat terbaik menciptakan kenangan. Mungkin suatu saat saya akan merasa malu, terharu, konyol, tersenyum ketika membaca tulisan-tulisan dari masa lalu dimasa sekarang.
Menulis Melatih Kerendahan Hati, Menyadarkan kita untuk tidak cepat berpuas diri dalam hal apapun atau merendahakan orang lain, kadang kalanya kita sudah merasa benar, namun dengan berbagi pemikiran melalui tulisan, kita akan bisa dikoreksi orang lain sehingga tidak terjebak dalam ketidak tahuan dan kebodohan. Sikap menerima kritikan dan saran inilah yang akan mengajarkan kepada penulis bagaimana bersikap rendah hati kepada sesama manusia.
Menulis Penting Untuk Mengasah Pikiran, Mereka yang terbiasa menulis tidak akan bingung karena tahu mana yang fakta, mana yang opini, dan mana yang mitos belaka dalam menerima informasi. Karena mereka tahu bagaimana mencari suatu kebenaran melalui riset-riset kecil.

"Ilmu adalah buruan, sedangkan tulisan adalah pengikat Maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat Adalah sebuah kebodohan jika engkau berburu kijang Lalu kau biarkan dia lepas pergi dengan hewan lainnya" Imam Syafi’i

Menulis Penting untuk Menjaga Kesehatan, Dikutip dari Hello Sehat,
Membantu Memulihkan Emosi – Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan setelah peristiwa traumatis dan benar-benar dapat membuat luka fisik cepat sembuh berdasarkan sebuah studi di Finlandia.
Mengubah Cara Berpikir Pasien Kanker – Temuan sebuah studi, latihan menulis selama 20 menit sudah dapat menyebabkan perubahan cara berpikir beberapa pasien tentang penyakit mereka.
Membantu untuk Tertidur – Para peneliti menemukan fakta bahwa peserta yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik.
Membuat Anda Berbicara Lancar – Karena peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa yang konstan, kita akan menggunakan kata-kata positif dan halus dalam berbicara.
Membuat Pikiran dan Tubuh Lebih Baik– Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejalan depresi. Juga peningkatan fungsi hati dan paru-paru.

“Mulai lah menulis, jangan berpikir. Berpikir itu nanti saja. Yang penting menulis dulu. Tulis draft pertamamu itu dengan hati. Baru nanti kau akan menulis ulang dengan kepalamu. Kunci utama menulis adalah menulis, bukannya berpikir” ― James Whitfield Ellison


Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?