Line Checker “Team” --- Samur Project

Biasanya saya menempati ruangan utama consortium yang besar di office site pusat. Tetapi  5 Bulan sebelum pulang kembali ke Indonesia tercinta, saya di suruh pindah ruangan. Bukan lagi mengurus Tect package, tetapi mengurus line pipe paket yang harus di check oleh para line checker. Karena terjadinya banyak miss kominikasi dan perdebatan yang sengit antara Div. Construction dan QC team.

Ini adalah salah satu masalah yang akan ada pada semua project. Semua project loh ya pasti selalu terjadi masalah seperti ini. Div Construction – mengclaim semua line pipanya sudah selesai, dan siap di check oleh para QC team, setelah QC team jalan mengecek ternyata line pipanya belum di kerjakan. Balik lagi QC team akan menyalahkan Div. construction karena kerjanya ga bener, eh ternyata usut punya usut, QC team nya salah check line pipingnya, balik lagi bola panas ada pada QC team yang di anggap kerjanya ga bener. Dengan ribuan line, saya sendiri kalo jalan ke site suka mumet, ini yang mana ini line nya. Wajar jika terjadi saling menyalahkan, dan pelemparan bola panas. Dan selalu department yang terlibat adalah Construction VS QC.



Untuk meminimalisasi perdebatan yang makin hebat antara Construction dan QC ini, maka saya dan 10 orang team Line Checker di pindah tugaskan. Pindah khusus untuk menjadi control double check Div. construction Piping. Kita pindah ke area ujung  office consortium, pas berhadapan dengan danau buatan dan hutan. Ceritanya, masih banyak makhluk gaib, buaya dan ular yang sering menampakan diri, dan benar saja ternyata. Hahhaha…

Di sini saya dan 10 team line checker sangat kompak, karena ini adalah kantor pusat Div. constructin maka ada dua admin project di sini, yaitu Mba Marcel dan Mba Eyra. Alhamdulilah ada temen perempuan juga. Line checker jalan untuk mengecek sesuai dengan progress para Spv Cosntruction Piping.

Setiap sore akan di adakan meeting diruang meeting consortium, sekalian makan malam bersama secara parasmanan, karena yang datang meeting memang level koor dan manager ke atas. Di meeting ini terjadi koordinasi mengenai mana Line yang telah selesai di kerjakan oleh Div. Construction. Sebelum di check QC team. Sekarang Team Line Checker dulu yang akan jalan memastikan.


Setelah saya menerima laporan tersebut, prepare doc dan paket, besok paginya para line checker akan jalan dengan paket yang di claim sudah selesai oleh Div. Construction. Jika Team Line Checker sudah mengecek actual di lapangan dan mengclaim bahwa memang benar line tersebut sesuai dengan drawing dan paket. Maka sore harinya akan dilaporkan di meeting. Bahwa line tersebut memang sudah siap untuk dicheck oleh QC team.



Ikut meeting malem sesuatu yang horor bertemu dengan para petinggi dan manager project. tapi ada enak ikut meeting malem, yaitu adalah makannya parasmanan, dan berhubung untuk bos – bos, jadi makananya selalu enak – enak, kalo enak dan sisa banyak suka terpanggil untuk bawa ke Mess. Tapi aku malu – malu kucing dan masih tau diri, untung saja berhubung diriku perempuan satu – satunya dalam meeting, dan termasuk yang paling muda, jadi para Big Bos suka pada bilang “Andin bawa aja ke mess, masih sisa banyak itu”. Alhamdulilah si Bos tau aja aku masih pengen, Hahahah… 

Line Checker Team - In Kinabalu


Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?