“Apasih itu Jacket ???” - Bakrie Construction 2 Weeks Before Load Out Jacket HCML Project.

Cilegon, Sumuranja Banten.

Setiap rabu adalah jadwal saya mengunjungi Cilegon untuk weekly meeting project, HCML adalah salah satu project yang masih berjalan dikerjakan disini. Kebetulan HCML ini adalah salah satu project pembuatan bangunan atau anjungan lepas pantai. Project ini di kerjakan di area yang sangat luas, berdekatan dengan jetty dan jauh dari shop fabrikasi. Karena produknya besar, maka hanya beberapa part yang di kerjakan di dalam shop, dan hampir semua bagian di kerjaakn di yard.



Produk yang di fabrikasi biasa di sebut dengan jacket, nah apa sih sebenrnya jacket itu ???
Jacket platform adalah salah satu dari beberapa type anjungan yang biasanya di gunakan dalam proses pengeboran lepas pantai (offshore drilling) berjenis fixed structure. Jacket merupakan jenis platform pengeboran yang pertama, dan di-instal pertama kali pada tahun 1947 di teluk Meksiko pada kedalaman perairan 6 meter. Jacket platform ini fungsinya bermacam-macam.


Klasifikasi Berdasarkan Konstruksinya : Bangunan lepas pantai  dibagi menjadi Struktur Terpancang (Fixed Structure) dan Struktur Lentur (Compliant Platform).
Bagian dari Struktur Terpancang (Fixed Structure) : Terdiri dari Jacket Platform, Monopod Platform dan Tripod Platform. Sedangkan Struktur Lentur (Compliant Platform) meliputi Tension Leg Platform, Articulated Tower, Guyed Tower dan SPAR Platform.
Fungsi anjungan lepas pantai adalah untuk mendukung bangunan atas dan fasilitasnya agar aman dari tekanan air laut selama waktu operasi proses pengeboran. Standarnya bangunan tersebut dibuat agar dapat menahan beban vertikal akibat proses operasi, teknis dan fungsionalnya, berat struktur dan fasilitas pendukung serta menahan beban horizontal dan vertical yang di sebabkan oleh beban lingkungan antara lain, arus laut, hantaman gelombang, serta angin laut.


Klasifikasi Berdasarkan Jenis : Jacket Platform biasa juga di sebut bangunan pancang lepas pantai, serta dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa jenis dan fungsinya, yaitu :
Anjungan Pengeboran (Drilling Platform) Fungsinya sebagai anjungan penopang proses pengeboran serta equipment yang berhubungan. Pada umumnya terdiri dari 3 atau 4 kaki dilengkapi connector/caisson ke sumur minyak.

Anjungan Produksi (Production) ini berfungsi sebagai anjungan fasilitas utama yang mendukung segala sarana produksi. Pada anjungan ini dilakukan proses pemisahan minyak-air-gas dari crude oil yang diperoleh dari pengeboran pada wellhead platform.
Anjungan Akomodasi (Quarter Platform) ini berfungsi sebagai tempat tinggal para crue. Di anjungan ini mendapatkan segala kebutuhan hidup para pekerja, dilengkapi radio komunikasi, helideck, barge bumper,dll
Anjungan Instalasi (Instalation Platform), dan Pipe Layer Platform.

Dalam proses pembuatan suatu fixed offshore structure jacket perlu melalui beberapa tahap-tahap proses pengerjaan dan perancangan, antara lain : Mempelajari karakteristik lingkungan lokasi instalasi (gelombang, arus, angin), Pemilihan konfigurasi struktur sesuai fungsinya, dalam hal ini menentukan geometri, dimensi, spect material, serta bahan yang akan digunakan, Perhitungan beban pekerjaan pada struktur. Aanalisa untuk kondisi operasional, kondisi teknis dan kondisi ekstrim, schedule waktu pengerjaanya sampai selesai, serta analisa biaya keseluruhan project. Semua proses pengerjaan harus sedekat mungkin dengan jeety, agar memudahkan dalam proses delivery dan load out.





Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?