Karakter Vs Perubahan

Banyak orang mengatakan kepintaran yang menjadikan seseorang Ilmuwan besar.
Mereka keliru, itu adalah karakter – Albert Einstein

Sifat, Prilaku, Karakter atau Watak apa bedanya ?? Sifat batin yang tampak & memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti & tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Allport beranggapan bahwa watak (character) & kepribadian (personality) adalah satu dan sama, akan tetapi, dipandang dari segi yang berlainan. Tetapi jika diadalakan penilaian maka lebih tepat dipakai istilah “watak”. Tetapi kalau bermaksud menggambarkan bagaimana adanya aslinya tidak melakukan penilaian lebih tepat dipakai istilah “kepribadian.”. Sifat perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh banyak Hal : Bisa dari Sikap, Adat istiadat, Sikap, Nilai, Emosi, Etika, Kekuasaan, Persuasi, Genetika.

Beberapa kali saya di ajak ngopi secara personal dengan salah satu bos tetanga sebelah, beliau beda departemen dengan diriku, bukan dibagian project. Beliau salah satu GM senior di perusahaan ini, dengan umur yang tentunya sudah sangat matang, berkarakter engineer sejati. Lulusan salah satu institute negri terkenal, udah ga usah di tanya dia pinternya kaya apa, di tambah dengan segudang experience yang dia punya. Pertama saya bertemu dengan beliau, karakter beliau sangatlah temprament, menakutkan, horor, setiap saya bertemu pasti lagi marahin orang. Koleris pasti, ga jauh beda dengan diriku #ga usah cari masalah jadiin panutan aja. Sampai akhirnya melalui banyaknya sesi ngopi saya jadi tau kalo beliau jauh didalemnya sangatlah melankolis dan plagmatis. Ko bisa ?? yang di tampilkan malah Koleris dan sanguinis sejati.

Pengetahuan akan memberimu kekuatan, tetapi karakter memberimu kehormatan.
Bruce Lee

Dalam satu kali sesi ngopi, dia langsng tau sifat saya koleris. sangat frontal, menggebu - gebu, gampang marah. eeeemmm..experience memang mengajarkan banyak hal. semua pemimpin harus tau karakter anak buahnya, itu memudahkan untuk menyerahkan beban kerja #ibarat pion dalam papan catur. Beliau cerita saat dulu pertama kerja, sangat plagmatis dan melankolis beliau susah sekali untuk ngomong depan umum, selalu gemeteran, deg - degan. Sedangkan didunia kerja yang penuh dengan persaingan akan sulit kita perform. Bisa karena biasa itu diterapkan dalam case ini, untuk menjadi pemimpin karakter harus dirubah, sesuai keperluanya.

Dari obrolan warung kopi ini dapat di simpulkan, karakter seseorang dapat di rubah, seiring waktu berjalan, tentunya didukung dengan berbagai pengalaman yang pernah di alami seseorang tersebut. pengalaman sangat dapat merubah dan membentuk suatu pribadi yang baru. entah lebih baik atau lebih buruk. perubahan tersebut sangat dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan, keluarga, teman dekat, atau keinginan diri sendiri untuk berubah, tergantung pada kesadaran atau kebutuhan pribadi. Satu pelajaran yang pasti, jangan tertipu dengan sesuatu yang selalu ditampilkan, jangan pernah cepat menilai, dan yang terpenting selalu berbaik sangka akan segala hal.  


Dunia ini hanyalah panggung sandiwara, selalu ada pilihan dua dunia yang akan dijalani antara peran dan sandiwara, atau karakter yang sebenarnya - AM
x

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?