Expedisi Jalan - Jalan Ke Jetty Samur Project + Engineer Narsis..

Jetty adalah salah satu tempat indah yang berada di project, kenapa? Karena langsung bersebelahan dengan laut.
Pemandangannya bagus untuk foto, tempatnya tenang, hamparan laut biru kehijauan, langit biru cerah, angin laut semilir - semilir, jauh dari kebisingan project disite dan tentunya fav para bapak – bapak untuk menyalurkan hobi memancing, plus sport jantung karena memancing. Karena sebenarnya di semua Jetty project pasti ada peraturannya yaitu "Tidak Boleh Memancing" di area Jetty dan sekitarnya.
Tapi tetep aja masih banyak yang sembunyi – sembunyi memancing, karena selain sensasi sport jantung, katanya ikannya juga banyak dan gede – gede.



Beberapa bulan ini situasi project sudah lumayan santai, banyaknya karyawan yang satu persatu dipulangkan ke tanah air menjadi tanda project segera berakhir, divisi test package tempat saya pun dari sekitar 60-80 orang, hanya tinggal 10 orang.


Sore ini kami ber 5 berniat untuk mengelilingi jetty yang sudah hampir selesai proses pengerjaannya, menaiki mobil yang khusus antar jemput ke area ini, maklum jetty ada d bagian ujung project jauh sekali jika jalan kaki. Kami ber 5 dari berbagai macam div, kita sering ketemu saat meeting koordinasi. Ada saya sendiri dari test package team, 2 anak mesin lulusan Ganesa, yang satu Spv construction Ammonia, yang satu ade kesayangan karena satu div, 2 lagi lupa saya antara kampus Jogja atau Surabaya, yang satu lead engineering, yang satu Spv semua area.



Ini para engineer malah jalan seharian dan foto di jetty bukanya kerja ^_^, harap dimaklum hal semacam ini di project bisa menjadi hiburan tersendiri, karena project di remote area biasanya selalu monoton, jauh dari mana – mana, aktivitas hanya camp – site – meeting – camp – site – meeting terus saja setiap hari begitu.



Dermaga/ jetty di sini mungkin masuk ke dalam klasifikasi khusus nasional / internasional, karena akan di gunakan sebagai pintu masuk bngkar muat berbagai bahan kimia mentah atau siap pakai. Untuk klasifikasi dermaga internasional, biasanya bobot kapal yang dilayani kira – kira 3000 DWT. Panjang dermaga 70 M atau lebih, konstruksi beton / baja. Kedalaman di depan dermaga - 5 M LWS atau lebih. Barang barang Berbahaya dan Beracun (B3). Melayani kegiatan pelayanan lintas provinsi dan internasional.


Tata ruang wilayah dermaga pun perlu diperhatikan, dari sisi sistem transportasi nasional, pertumbuhan ekonomi, pola / jalur pelayanan angkutan laut nasional nasional dan internasional, kelestarian lingkungan, keselamatan pelayaran, standarisai nasional, kriteria dan norma.


Ada beberapa fasilitas pokok dan penunjang yang wajib dimiliki oleh sebuah pelabuhan, yaitu: Alur pelayaran, kolam pelabuhan, fasilitas sandar kapal, penimbangan muatan, terminal penumpang, akses penumpang dan barang ke dermaga, perkantoran untuk kegiatan perkantoran pemerintahan dan jasa jasa, fasilitas penyimpanan bahan bakar (Bunker), instalasi udara, listrik dan komunikasi, akses jalan dan atau rel kereta api, fasilitas pemadam kebakaran, tempat tunggu kendaran sebelum naik ke kapal. Kemudian fasilitas penunjangnya adalah : Sebuah kawasan perkantoran, tempat penampungan limbah, fasilitas usaha yang menunjang kegiatan pelabuhan, pengembangan pelabuhan.


#Projectengineer #Projectcontrol #Projectmanager #Project #Engineering #Engineer #Indonesiaproject #Pipe #Line #Testpackage #Linecheker #Piping #Fabrication #Industrialengineer #Mahesstory #Maheswariandini

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?