Bakrie Metal Industri – Bakrie Fabrication Unit (BFU - Yard Bekasi )

Setelah hampir setahun bergabung dengan Bakrie, baru kali ini mengunjungin unit lainnya dari Bakrie, yaitu adalah Bakrie Fabrication Unit atau biasa disingkat dengan BFU. 



Bakrie unit ini berada didaerah Bekasi, tepatnya di Jalan Kali Abang Bungur, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17124. Berada didaerah kawasan industri, pabrik ini lumayan luas, walaupun masih kalah jika di banding dengan Bakrie Construction di Cilegon.


BFU terdiri dari 4 Shop Fabrikasi Utama, Office Pusat, Office Engineering, Area Galvanis, Area Machining, Service, Warehouse, Mesjid, Kantin, Parkiran, dll.

BFU ini adalah salah unit Bakrie yang berfokus pada pengerjaan fabrikasi jembatan dan juga proyek infrastruktur di Indonesia.





Foto diatas adalah keadaan dalam Shop Fabrikasi 1. Shop Fabrikasi 1 adalah area yang berfokus pada cutting (pemotongan), kebanyakan material akan melewati shop ini dahulu sebelum di assembling dan di welding, mulai dari material plate, beam, dll di cutting sesuai dengan ukuran kebutuhanya masing - masing.



Foto di atas adalah Shop fabrikasi ke 2, shop tersebut fokus pada proses welding part jembatan, material yang sudah selesai di welding dan di painting kadang juga di simpan disana, lebih ke shop semua bisa kayanya ini.


Shop Fabrikasi 3 & 4, hampir sama jenis shopnya dengan Shop Fab, assembling, welding, dll.



Di setiap shop Fabrikasi pasti ada, penyimpanan limbah B3. Apa sih yang di maksud dengan limbah B3 ? Limbah B3 adalah suatu buangan yang bersifat atau mengandung konsentrasi zat yang beracun dan berbahaya, sehingga di sinyalir dapat menggangu dan merusak lingkungan, berakibat pula untuk manusia dan organisme lain, karena di nilai dapat menggangu kesehatan. Limbah ini di hasilkan dari kegiatan industry. Sifat dari limbah B3 diantaranya, bisa jadi mudah meledak, mudah menyala, teroksidasi, mengandung racun, menyebabkan iritasi dan alergi, dan yang paling berbahaya memacu pada karsinogenik (sel kanker), teratogenik (perubahan embrio) dan mutagenic (perubahan gen/kromosom).
Kegiatan Rumah tangga pun ada yang mengandung limbah jenis ini, contohnya : Pembasmi serangga, batu baterai, serta pemitih pakaian.
Limbah B3 di bagi atas 3 jenis, yaitu :
 Limbah dari sumber tidak spesifik (bukan dari proses utama – pelarutan/pengemasan)
 Limbah dari sumber yang spesifik (dari proses industry – kegiatan utama)
 Limbah dari sumber lain (dari sumber tak terduga – sisa kemasan, tumpahan, kadaluarsa)





Shop machining disini untuk memproses material yang perlu di machining, karena kebanyakan material di BFU adalah plat baja, sehingga salah satu mesin yang banyak disini adalah mesin press. Mesin press adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi atau mengolah barang – barang sheet metal. Gunanya bisa di gunakan untuk press dies, atau memotong, serta bisa juga untuk membentuk (membengkokan) tergantung keperluanya.



Shop lainya adalah shop Galvanis. Galvanis atau disebut Galvanisasi adalah suatu proses pemberian lapisan seng, lapisan seng ini di gunakan sebagai perlindungan untuk besi dan baja, sehingga mencegah korosif atau karat. Metode yang di gunakan dalam proses galvanis, adalah dengan cara pencelupan, jadi material seng cair di tempatkan dalam satu wadah besar, nah besi dan baja yang ingin dilapisi, dicelupkan ke sini.




Yang terakhir adalah foto - foto area penyimpanan material dan aku yang lagi narsis ditempat yang panas, tempat pejalan kaki, dan part jembatan yang sudah siap di bawa ke site untuk di assembly.

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?