Visit Time - Bakrie Construction (Sumuranja Yard Banten)



Awal November 2016 ini saya kembali pidah kerja, kali ini saya mengalah dengan keinginan untuk stay diremote area + adventure. Dituntut oleh keadaan untuk tetap stay di Jakarta, karena kuliah. Sesuai dengan pengalaman kerja yang ga jauh – jauh dari project, maka perusahaan baru ini pun ga jauh – jauh dari EPC dan Fabrikasi baja.
                        

Perusahaan baru tempat diriku kerja tersebut bernama PT Bakrie Construction, office kantor berada di Jakarta, tepatnya di komplek Rasuna Epicentrum Bakrie Tower Lantai 35. Tower megah dengan puluhan lantai, fasilitas premium serta pemandangan Jakarta yang terlihat dari atas. (Biaya hidup di sini mahal coyyyy).

Tapi kali ini yang akan saya bahas adalah Workshope / Yard nya Bakri Contruction, yaitu terletak di Desa Sumuranja, Kecamatan Pulo Ampel, Cilegon – Banten.
Sedikit cerita tentang Cilegon, Cilegon adalah salah satu kota yang akan selalu menjadi nostalgia tersendiri, selain karena panasnya yang luar biasa, pengalaman pertama kerja, dan ini yang paling penting bebek goreng dan sambel mangga yang selalu buat saya gagal move on dari Cilegon.

Area Workshop
Balik lagi, PT Bakrie Construction adalah salah satu unit dari Bakrie Metal Industries, anak usaha dari Bakrie & Brothers. Perusahaan berfokus pada bisnis EPC dengan fasilitas fabrikasi baja yang mempunyai fasilitas di Sumuranja Banten. Perusahaan didirikan dengan nama "Trans Bakrie" pada tahun 1985 sebagai Joint Venture Bakrie & Brothers (49%) dan Transfield Australia (51%). Pada tahun 2002, Bakrie & Brothers mengakuisisi seluruh saham Trans Bakrie dan menggantikan namanya menjadi Bakrie Construction pada tahun 2003. Bakrie Construsction berfokus pada EPC dan Fabrikasi Baja Berat untuk industi Migas Offshore Platforms serta jackets, Metal, Tambang, Tenaga, Marinir/Kapal, Semen, Kimia, Jembatan Baja dan lainnya.

HCML Project Jacket

Yard sumuranja terdiri dari 4 bagian, yaitu fasilitas office, fasilitas workshop, fasilitas yard, serta fasilitas Jetty (Pelabuhan). Kebetulan saat saya mengunjungi site, salah satu project Bakrie yaitu Husky Cnooc Madura Limited atau biasa di sebut Project HCML sudah hampir selesai dikerjaan untuk tahap 1 nya, di Yard terdapat 2 rangkaian structure baja Jacket yang siap untuk instal didasar laut.
Area Jetty

Foto – foto nya sih seru bgt, hanya di yard ini panas sekali, maklum saya jalan – jalan tengah hari, matahari mentereng pas di atas kepala, dan yard tersebut adalah daerah pantai dan gersang, kebayang kan, sejam aja foto – foto muka langsung merah kaya udang direbus --- Padahal dulu anak PA, sekarang sama matahari aja takut ckckckckckc, kadang bukan dunia saja yang bisa berubah, tapi hal sepele seperti sengatan matahari pun bisa membuat semuanya berubah.
Yard Area - Panassss

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?