Rumah Kemerdekaan, Rengasdengklok - Adventure Karawang

Rengasdengklok, Kab Karawang
15 Feb 2017, 

Daerah Rengasdengklok sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia, dari jaman SD sudah ada pada soal sejarah, tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Di mana Presiden pertama kita Bung Karno dan Bung Hatta, di asingkan dan inapkan oleh para pemuda (Adam Malik, Chaerul Saleh, Sukarni) yang ingin mempercepat kemerdekaan Indonesia dan membuat teks proklamasi. Pemilik rumah terebut milik Djiaw Kie Siong (meninggal tahun 1964), sehingga sangatlah pantas jika Karawang di sebut dengan kota pangkal perjuangan, karena di sini lah text proklamasi di tulis.

Spanduk Rumah Sejarah
Tahun berganti, rumah tersebut sekarang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaanya, rumah tersebut di buka untuk umum, tiket masuk untuk masuk ke sana ialah bayar seiklasnya. Waktu berkunjung ke sana sedikit kurang tepat, karena pada waktu magrib, aura yang lumayan menyeramkan, karena itu rumah tua, banyak barang2 tua di sana, dari foto, lukisan, sampai ranjang berkelambu khas jaman dahulu, di tambah halaman dan keeadaan di luar rumah yang masih terdapat banyak pohon rimbun dengan pencahayaan yang kurang. Lain kali jika ke sana sebaiknya siang hari. 

Rumah Sejarah Proklamasi
Isi Rumah Proklamasi
Beberapa meter dari rumah tersebut terdapat tugu monumen tentang perjuangan Indonesia. Tugu ini di buat karena daerah Rengasdengklok juga pernah menjadi markas Pembela Tanah Air (PETA), markas tersebut sekarang dijadikan sebagai Monumen Tugu Proklamasi.

Relik Perjuangan (PETA)

Pemandangan Tugu Proklamasi
Sayangnya, tempat bersejarah di Rengasdengklok itu tidak dipelihara dengan baik oleh pemerintah daerah maupun pusat. Kurangnya terdapat informasi, atau petunjung arah, fasilitas yang memedai, dan yang paling penting adalah promosi tentang pariwisata daerah Karawang.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?