Candi Jiwa - Adventure Karawang

Karawang,
15 Feb 2017,

Adventure time kali ini adalah mengunjungi Karawang, 
Karawang ternyata menyimpan banyak botensi Pariwisata, bukan terkenal dengan  Goyang Karawangnya saja, Karawang pun terkenal sebagai lumbung padi nasional, memang benar saja, semua hamparan pemandanganya adalah sawah, serta kawasan perindustrian yang besar sekali, bermacam pabrik ada di sana. Kota ini seperti kota industri lainya, cenderung panas dan sangat berdebu. Kabupaten karawang ini berbatasan dengan Kab Bekasi, Kab Bogor di barat, Laut Jawa arah utara, Kab Subang pada arah timur, dan Kab Purwakarta dan  Kab Cianjur di arah Tenggara.

Komp Sutus Batu Jaya
Tujuan kita kali ini adalah mengunjungi peninggalan sejarah yang ada di karawang, seperti candi dan sejarah proklamasi. Peninggalan tersebut berada di Situs Batujaya secara administrative terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang. Luar situs Batujaya ini sekitar lima Km.
Artefak Dalam Museum
Kita berangkat pagi hari dari Jakarta, sekitar 2 Jam untuk sampai ke Kota Karawang, Jalan dari kota karawang ke Kab Karawang sekitar 2 Jam perjalanan. Sepanjang perjalanan dari Karawang kota sampai rengasdengklok  Kab Karawang, pemandangan hamparan hijaunya sawah dan aliran sungai, serta rumah penduduk sangat mendominasi. Setelah hampir 2 jam perjalanan akhirnya sampai juga di destinasi pertama kita adalah Museum Situs Cagar Budaya Batujaya, untuk masuk ke dalam komplek percandian, dan komplek museum, biaya perawatannya Rp.5000/orang, dalam museum itu terdapat peningalan sejarah berupa arca, kendi, artefak. sampai  meriam peninggalan jaman perang. Dari komplek musium tersebut kita masih harus berjalan menyusuri pematang sawah yang berjarak sekitar 1 km untuk dapat melihat Candi Jiwa secara langsung.

Add caption

Meriam Jaman Perang
Saran : sebaiknya pake sendal jepit, karena banyak lumpur. dan jangan lupa bawa payung, karena walaupun angin cukup kencang, tapi udaranya sangat terik. Pemandangan sawah dan langit yang biru cerah menemani kita sepanjang perjalanan.
Pemandangan Menuju Wilayah Candi
Jalan Pematang Sawah
Komplek Candi Jiwa adalah Komplek Candi yang berada di tengah sawah, di kelilingi oleh taman rumput serta pagar pembatas, antara komplek candi dan sawah warga. Candinya berbentuk undakan2 berbentuk persegi, dengan komposisi bata merah.



Komp Candi Jiwa
Ga nyangka Karawang punya candi sendiri, peninggalan peradaban Agama hindu pada masa kerajaan. Untuk akses jalan, sudah ada jalan dari semen, sehingga memudahkan untuk berjalan melalui sawah, pada komplek museum pun udah lengkap, ada wc umum dan musola, serta kantin, dan babang2 yang jualan. Secara Fasilitas sudah baik, tinggal promosi pariwisatanya saja harus lebih gencar. 

Menuju Area Candi Blandongan
Next kita akan mengunjungi Candi Blandongan.



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?