Apa itu Piping ? Pipeline ?



Piping = Pipa / Pipe

Piping mempunyai fungsi untuk mengalirkan fluida dalam bentuk cair atau liquid dari satu tempat ke tempat lainnya. Fluida yang berada didalamnya bisa berupa minyak, gas, air, bahan kimia, dan campuranya, bahkan mud, ataupun vapour yang mempunyai temperature dan tekanan tertentu. Sistem perpipaan dalam plan pembangkit tenaga panas, atau plan kimia memiliki uap bertekanan tinggi serta memiliki temperatur yang tinggi yang kebanyakan digunakan untuk pembangkit listrik. 

 
Contoh Design Plan Piping (dalam satu plan)

Dalam dunia piping sistem perpipaan dibagi 2 bagian : antara piping dan pipeline, yang ada dapat mendistribusikan air bersih, uap panas, gas alam untuk lingkungan plan/pabrik ada juga yang dapat disalurkan kepada penduduk disuatu wilayah-wilayah tertentu. 


Contoh  Pipeline :
Pada sebuah sumur bor penghasil gas alam, pipeline berada langsung dikerjakan/melewati alam bebas, panjangnya berkilo2 meter, digunakan untuk membawa minyak mentah dari sumur minyak atau well menuju ke tangki penyimpanan atau menuju ke kilang minyak untuk dilakukan pemrosesan lebih lanjut, atau di gunakan untuk supply gas alam antar daerah.

Contoh Pipeline yang panjangnya bisa sampai berkilo2

Proses Lowering dalam Pipeline
 
Contoh Piping :
Piping biasanya terdapat dalam satu plan piping atau pipa adalah suatu sistem yang terintegrasi dengan yang lainnya dari satu dengan laainya yang difungsikan untuk mentransportasikan fluida dari lokasi satu dengan lokasi lainnya. menyalurkan gas alam, air, bahan kimia dalam satu plan, bangunan, pabrik, dll.

Jalur piping dalam satu plan

Jalur piping dalam satu plan


Bagian – bagian dalam sistim Piping atau pemipaan tidak hanya meliputi pipa-pipa, tetapi ada support pendukung seperti flange, tee, elbow, percabangan atau fitting, bolting, gasket, katup atau valve, dan komponen-komponen yang berisi tekanan. Karena untuk special spec piping, biasanya di lalui gas, air, atau uap dengan tekanan2 dan suhu yang ekstrem.




 
Bagian - bagian dalam pipa

Bagian - bagian dalam pipa


Ref : www.idpipe.com & Google

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Apa itu Area Jetty ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???