Adventure in Cianjur - Air Terjun Curug Cikondang & Nasi Liwet Janghari

Cianjur, Desember 2016

Adventure time Cianjur, selain gunung padang, objek wisata Curug Cikondang pun perlu di kunjungi. Air terjun ini mempunyai arus yang kuat dan air yang jernih karena langsung dari pegunungan. 
Potensi objek wisata Cianjur ini belum terawat oleh pemerintah daerahnya, ditandai dengan belum ada akses jalan mobil yang baik untuk sampai sana, dan fasilitas permanent selayaknya objek wisata.

Curug Cikondang Tampak Atas
Curug Cikondang ini terdapat dalam kawasan Situs Gunung Padang, berjarak sekitar 7 Km dari lokasi Situs Gunung Padang, tetapi perjalananya membutuhkan usaha extra, karena melewati jalanan kebun teh, berbatu, penuh lumpur, prefer sih naik mobil yang tahan trek extrem.

Pemandangan menuju Curug (Dengan berjalan kaki)
Perjalanana memakan waktu sekitar 1 - 2 jam perjalanan, karena dengan trek yang sangat sulit, sesampainya di area Curug, terdapat area parkir, tempat makan, musola dan wc yang cukup kebersihanya, walau dengan fasilitas seadaanya, menggunakan kayu dan bukan bangunan permanent, Tiket masuk curug sekitar Rp. 5000 rupiah. View persawahan, kebun teh, dan aliran sungai yang indah, adalah latar yang cocok untuk berselfie ria.

Pemandangan Menuju Curug
Trek Menuju Curug (Jalan Kaki)
Dari kota Cianjur curug ini berjarak kira2 37 Km dari pusat kota Cianjur, setelah perjalanan yang sulit terlewati, sesampainya di area parkiran mobil curug, kita masih harus berjalan kaki sekitar 1 Km, melewati persawahan dan kebun teh, dengan trek yang tidak terlalu sulit, karena sudah di sediakan jalan setapak berbatu agar sampai pada curug tersebut. Sesampainya di curug, kita bisa turun ke aliran sungainya, dan berenang di sana, atau main air di sana, airnya seger, bersih dan fres sekali, karena langsung dari pegunungan. tetapi jika mau berenang, dengan catatan arus air tidak deras dan bukan saat hujan, karena bisa terbawa arus dan berbahaya.

Pemandangan Sekitar Curug
Pemandangan Curug Keseluruhan
Setelah seharian mengelilingi Cianjur, tempat lain yang wajib di kunjungi aalah waduk janghari, sayang sekali kami sampai sana sudah tengah malam, sehingga keindahan waduknya tidak terlihat, tetapi tetep, makananya juara di sana, sepanjang pinggirang janghari, berderet rumah makan yang menyediakan ikan fresh, bisa di masak apa saja sesuai request, kita memilih ikan bakar dan goreng, belum lagi karedok dengan sayuran segar, nasi liwet dan sambel khas cianjur, yang enak bgt. Ini adalah salah satu yang akan membuat siapa saja yang mengunjungi Cianjur, pasti pengen balik lagi.

Nasi Liwet, Ikan, Karedok dan Sambel khas Cianjur

 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?