Mahasiswa & Ospek "Perpeloncoan VS Pendidikan Karakter"



Mahasiswa baru pada masa itu, ga jauh2 dari “OSPEK” siksaan, teriakan, dan tugas2 absurt. 

“Tapi itulah yang selalu saya syukuri lahir di th 90an di mana ospek masih di “legalkan”, yang akan di kenang dan menjadi cerita selalu sepanjang masa”

Sep , 2007
Unjani Bandung, Teknik industri (JL. Terusan Sukarno Hatta, Bandung, tepatnya sebelah PT Pindad (Persero), 10 menit dari TSM), kampus ini lah kan akan menjadi saksi 4 th kedepan  perjuangan belajar, eh lebih ke bermain sih kayanya. Setelah ouforia kelulusan SMA. Ini tantangan pertama yang harus di hadapi menjadi mahasiswa teknik, apa lagi kalo bukan OSPEK dengan kampus yang di dalamnya bermayoritas laki2 udah bisa ditebak apa jadinya kita disini, mengingat hanya ada 5 perempuan diangkatan, termasuk diriku.
Prepare Mabim 2007
July, 2016 Peraturan baru keluar soal larangan “PERPELONCOAN”, bahkan anak2 di antar orang tua di hari pertama mereka sekolah, “OSPEK” di kampus ??? Udah teh jangan harap lagi ada ospek di kampus, kata seorang adik kelas kepada ku, dengan diikuti ejekan “cukup kita aja yang teteh siksa” ya ya ya jaman mungkin sudah berubah, tapi sayang sekali tradisi ini pun ikut di hilangkan.

Sebagai pemegang predikat senior tergalak selama bertahun2, ada rasa kehilangan yang mendalam, dari hilangnya tradisi “OSPEK” dikampus. Bukan rasa kehilangan mau balas dendam atau menyiksa anak orang, tetapi kehilangan tentang apa arti silaturahmi disini, karena salah satu acara ospek adalah berkumpulnya para senior2 lintas generasi, banyak senior2 angkatan “tua” yang hanya kita bisa temui di saat ospek. Mengapa sampai dihapuskan? Apa yang salah dari “OSPEK” ? katanya sih, bahaya, siksaan, perpeloncoan, ajang bales dendam para senior, tugas2 yang absurt, buang2 waktu, tenaga, dan uang, Saya akui memang beberapa tugas ini tidak masuk akal.

Tapi sedikit kita telaah, “OSPEK” tidak selalu buruk, bagaimana kita penyikapi dan mengemas acara tersebut secara menarik dan bermanfaat, terutama dimata saya sebagai mahasiswa yang mernah mengalami apa yang namanya “OSPEK”, serta pengalaman sebagai panitia yang ikut terjun langsung dalam penyusunan dan jalanya acara. Pasti ada hikmahnya dibalik siksaan senior terhadap kita mahasiwa baru. “Positif thinking aja” (Andai semua berfikiran kaya gini)

Katanya bahaya ?? Ini Mahasiswa --- bukan lagi anak kecil, umur sudah lebih dari 17 th dan di anggap dewasa di negri ini. Mahasiswa saya yakin mereka bertanggung jawab atas kelancaran dan keselamatan dalam suatu acara. Mahasiswa, punya akal dan fikiran, bagus malah dapat belajar berorganisasi dan memplanning acara.
Cikole Lembang - 2014
Katanya Siksaan ?? Emang sih di siksa --- Ospek Universitas, Ospek  Fakultas “Teknik”, Ospek Jurusan “Teknik Industri” selama seminggu penuh, dan belum lagi di tambah PKMO pelatihan kepemimpinan --- Tradisi turun temurun di jurusan, yang diadakan di hutan. Jangan serem dulu, memang berat ngejalaninya, Cuma yang berjiwa pembenani aja sanggup untuk ikut full acara, atau keterpaksaan yang menyertainya. Kebanyakan yang kabur dan melewatkan tradisi ospek ini, akan menyesal di akhir, karena tidak ga punya cerita yang bisa di kenang.

Perpeloncoan, tugas absurt, and banyak bgt ?? Yaaa gtu --- Selama ospek kita para maba (Mahasiswa Baru) pasti ga tidur, prepare tugas dan atribut yang ampun. Dari mulai kucir 7, kepala cwo botak, pita di mana2, atribut terong2 di jadiin kalung, topi wisuda, tas keresek, dan makanan aneh2. Belum tugas terlulis, sample : tulis saya cinta unjani 1000x ?? Apaan ini??
Kegiatan Makan Bersama Setelah Ospek Jurusan
Bukan sekedar ajang balas dendam senior --- Setelah ospek berakhir, kita punya banyak teman dari berbagai jurusan, lebih mengenal secara personal teman2 kita, mengenal lingkungan kampus, begadang berhari2 buat latihan nanti saat jadi mahasiswa (Ternyata mahasiswa teknik kalo ga begadang bukan mahasiswa teknik namanya), tugas absurt dan buanyaak bgt, ternyata ga ada apa2nya dibandingkan tugas kuliah praktikum yang hasil akhirnya setebel - tebel bantal and bisa buat ganjel pintu. Kita lebih mengenal secara personal dengan senior, minta materi kuliah sampai tip2 tentang dosen2 kita dapat dari para senior. Pelatihan di hutan, berendem, pus up dll. Ya itung2 Itu latihan mental. Sebagai anak teknik memang kita harus punya mental yang kual. Menghadapi banyak hal di dunia kerja nantinya. Katanya sih lulus nanti kita bakal jadi minimal SPV, yang harus kuat mental, siap memperbaiki sistem dan serta mempunyai jiwa leader yang kuat.


Kenapa ospek itu perlu untuk mahasiswa baru (Just my opinion) karna di balik siksaan, tugas absurt dan perpeloncoan banyak manfaat yang bisa di ambil, Jangan takut menghadapi sesuatu yang belum tentu kebenaranya, coba dulu secara langsung, pastikan dan ikhlaskan semua yang kita lalui, karena selalu ada hikmah dan pelajaran di dalamnya.

“Karena Ketegasan yang dilandasi Komitmen akan menghasilkan Kedisiplinan”

Semangat “OSPEK” 2016 kalo masih ada itu juga sekarang..
Setelah 2 Th Ospek jurusan ditiadakan, taun ini 2016 infonya diizinkan tidak diizinkan akan tetap di laksanakan, Semangat panitia, semoga konsisten ya..



Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?