Pulau Sempu, di balik keindahan, bahaya dan cerita mistis pulau di tengah Samudara.



Pare, Kediri, Malang, Sempu, April 2014.

Niat ke Kampung Inggris pare untuk belajar b inggris, tetep aja tiap minggu selama 4 bulan disana disisipi dengan trip adventur, minggu ini kami akan bertualang ke Pulau Sempu, ditengah pulau tersebut terdapat sebuah laguna dengan hamparan pasir putih kira2 luasnya 4 ha,  namanya laguna Segara Anakan.  Laguna tersebut berada ditengah samudra, dipisahkan oleh bebatuan karang, ditangah hutan tropis, belum terjamah, dan memang sebenarnya kita tidak boleh ke sana, karena termasuk salah satu cagar alam yang langsung di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Pergi kesana menggunakan mobil, berangkat sekitar tengah malam, dan sampai disana pagi hari, Perjalanan dari Pare ke Malang, sekitar 1-2 jam dan dari malang langsung ke pantai sendang biru sekitar 2 - 3 jam, sehingga total perjalanan kemungkinan sekitar 5-6 jam dari Pare, sesampainya dipantai Sendang Biru kita sarapan disebuah pelabuhan kecil disana, sambil minggu kapal yang akan membawa kita ketengah pulau.
Pemandangan sekitar Pelabuhan


Pemandangan menuju Pulau Sempu
Perjalanan kita di mulai dengan menaiki perahu kecil, kurang lebih sekitar 20-25 menit. Perjalanan ke tengah pulau sangat menyenangkan, walaupun terik, tetapi pemandangan air laut yang biru, serta pulau - pulau kecil yang kita lewati menjadi daya tarik tersendiri. Sesampainya di teluk semut, kami semua turun dari perahu dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menembus hutan tropis sekitar 3 – 4 jam, dengan jalur hutan lebat, jalan berlumpur, karang karang tajam, naik turun dan curam, trek saat itu lumayan berat karena memang dalam beberapa hari hujan turun di sana, menjadikan trek penuh dengan lumpur, kotor, dan sangat licin, harus sangat berhati - hati jalan disini, karena ranting pohon dan batu - batu karang tajam ada dimana – mana.

Trek sepanjang perjalanan berlumpur & licin
Curam, licin, berlumpur, nanjak, trek menuju pulang Segara Anakan
Setelah perjalanan yang melelahkan akhirnya sampai juga di Laguna Segara Anakan, serasa liat surga dunia. Bagus bgt, hamparan pasir putih serta air laut biru dan hijau yang jernih. Setelah puas keliling pulau sekitar, kita membuat tenda di sekitar hamparan pasih putihnya. 

Laguna Segara Anakan
Pemandangan Laguna Segara Anakan
Hanya cuaca kurang mendukung, 2 hari di sana 2 hari pula diguyur hujan, tenda kita kebanjiran dan kebawa angin. Begadang semalem suntuk, karena hujan. Keesokan harinya bapak guide akhirnya menjemput kami untuk pulang, perjalanan yang sama melalui lumpur dan perahu. Kembali ke Malang, dan lanjut ke Pare. 


Tapi setelah difikir kembali bahwa tidak seharusnya kita ke sana, bahaya mengintai kapan saja jika kita ke sana, selain pulau tersebut terpencil, masih banyak hewan buasnya seperti harimau, monyet, ular, kalajengking, kaki seribu, bahkan ubur - ubur beracun di dalam lautnya, jika kita sampai kena sengat atau diserang oleh hewan tersebut bagaimana ??? tidak ada jalur evakuasi, tidak ada komunikasi, tidak ada akses langsung jika terjadi sesuatu atau hal yang dalurat, puskesmas, rumah sakit jauh dari sana, dan baru keesokan harinya bapak guidenya menjemput kita semua, dan tentunya kembali harus melewati jalur berlumpur, belum lagi cerita mistis, pulau ditengah samudra ini, tentang yang kesurupan, ketempelan, sampai diganggu mahluk - mahluk kasat mata penunggu pulau tersebut. 

Save Pulau Sempu
Yang paling menyedihkan adalah kerusakan konservasi hutan dan lingkungan sekitar, sampah menumuk ada dimana - mana, belum lagi kotoran menumpuk disekitar bukit, bau yang menyengat, terganggunya ekosistem hewan sekitar. Jadi, jangan pernah datang lagi ke Pulau Sempu, selain berbahaya, dan itu bukanlah tempat resmi untuk object pariwisata, tetapi ini adlah hutan lindung, yang seharusnya dilindungi, dan menjadi cagar alam bagi flora dan fauna sekitar.
Sampah sekitar Pulau Sempu

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?