Candi Tegowangi - Pare, Kediri Jawa Timur



29 Maret 2014,

Candi Tegowangi – Pare, 



Adventure time selanjutnya setelah seminggu berada di Pare adalah Candi Tegowangi, baru sempet adventure time lagi jika weekend, karena dihari biasa sudah mulai mengambil kelas kursus, berhubung aku sangat semangat untuk bisa cepat menguasai bahasa inggris jadi sehari bisa masuk 5 kelas berbeda, tapi tetep aja ga seperti yang di bayangkan ^_^.



Perjalanan menuju Candi Tegowangi dari Pare menggunakan sepeda, sekitar 1 – 2 jam, hampir sama waktu perjalananya seperti seperti Menuju Candi Surowono, hanya beda arah, Candi Surowono berasa ke arah Utara Pare, Candi Tegowangi ke arah barat dari Pare.

Perjalanan menuju Candi Tegowangi, lebih sulit dan jauh menurutku, karena banyak melalui sawah, kebun2 dan jarang ada penduduk yang bisa di tanya. Hanya mengikuti jalan lintas daerah, banyak mobil besar yang ngebut2, jadi harus extra hati2, di kiri kanan sepanjang jalan kebanyakan sawah, dan ternyata jauh sekali ini Candi kalo naik sepedah.



Seperti biasa bertanya sana sini, tidak semua orang tau lokal yang tinggal di pare tau tentang candi ini, kebanyakan hanya pernah dengar, tetapi untuk langsung mengunjunginya kebanyakan belum pernah, untung sudah ada beberapa penujuk arah di sekitar jalan mau menuju arah Candi, jadi tinggal mengikuti arah, sedikit bertanya, dan akhirnya sampai.



Hampir serupa dengan Candi Surowono, tetapi Candi Tegowangi memiliki area yang lebih besar, candi yang lebih besar pula, dan terawat, bersebelahan dengan pemukiman warga, dan lapangan bola. Jadi walau sepi tapi masih aman untuk di jelajahi sendirian. Untuk kali ini aku meminta tolong mba dan mas yang lagi pacaran untuk di foto, sorry mengganggu ^_^.
Arca Sekitar Candi
Candi Utama
Candi2 kecil di Sekitar Candi Utama

Di dalam Komplek Candi Tegowangi ada beberapa candi, candi utama, berupa undakan yang lumayan besar berada di tengah komplek candi, candi tersebut tidak bisa di naikki, jadi tidak ada pemandangan keseluruhan candi dari atas. Di sekitar candi terdapat candi2 yang ukuranya lebih kecil, sama berupa undakan2 dengan arca2 didepanya, dan ada beberapa yang sudah hancur, serta arca2 yang bertebaran di sekitar candi.
 


Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?