Interview Kerja Pertama - Setelah Lulus Menjadi Sarjana Teknik Industri



Dayehkolot, Bandung Nov 2011

Untuk para mahasiswa happening kelulusan dan wisuda itu hanya bertahan beberapa hari, karena berikutnya adalah dunia yang sebenarnya, bersaing dengan banyak orang, dengan umur yang berbeda, kemampuan yang berbeda, link yang tak terbatas, atau pun kalah dalam hal experience kerja, ya dunia itu adalah dunia kerja. Da kit amah apa atuh, hanya fresgraduate.
Sebagai lulusan Tekkik industri, paradigm yang terbentuk dikampus, tidak lain adalah lulusan TI itu akan mengisis posisi2 dipabrik, apapun pabriknya ya, yang penting pabrik, dari manufacture, garment, sampai food dengan posisi kira2 sebagai SPV (supervisor), karena cocok sekali katanya, sebagai pengendali produksi, penganalisis system produksi, dan memodifikasinya jika dirasa system tersebut kuran efisien dan efektif. All abrout produksi, intregrasi, efesien, dan efektifitas, semua anak teknik Industri, pasti akan familiar dengan kata2 tersebut.

Maheswari Andini - Interview Kerja Pertama


Ini adalah pengalaman pertama interview, pabrik coklat terkenal yang ada di Bandung, pasti tau dong, semua coklat enak itu ternyata dibuat disini. Masuk dengan meninggalkan KTP yang akan diganti dengan ID Visitor, masuk melewati gerbang besar ber cat biru muda, terpampang diatas gedungnya nama perusahaan tersebut, dan tentunya seluruh area pabrik tercium wangi coklat. Tahapan pertama administrasi, sebagai anak baru lulus, Cv pertama itu tebalnya kira2 20-30 halaman, maklumlah aktifis semua pengalaman organisasi, sampai acan dari serifikat organisasi dilampirkan semuanya, dengan maksud siapa tau menjual. #dan ternyata memang sangat menjual, mahasiswa ga akan sia2 kalo ikut organisasi. Selanjutnya, setelah memberikan map tebal, disuruh pulang, dan menunggu paling cepat 1 minggu paling lama 2 minggu untuk panggilan selanjutnya, lewat dari itu ga usah nunggu lagi, segera sebar Cv kembali.
 Setelah menunggu 3 hari akhirnya ada panggilan kembali, melalui tlp untuk datang, dan interview. Jam 8 pagi sudah stand by di TKP, dan ternyata berbarengan dengan beberapa kandidat lain, semuanya perempuan, 3 dari kampus negeri di jatinangor, 2 dari kampus di Jogjakarta, 1 dari jalan ganesa, 1 ibu2 sudah berkeluarga dan tentu sudah experience, dari jatinangor juga. Dan IPKnya semua di atas 3, bahkan kandidat dari jogja 3,8. Hanya aku sendiri dari Univ swasta, dengan IPK yang 3 aja ga nyampe, langsung down, aduh, aku mah apa atuh, lulus aja udah syukur.

Maheswari Andini - Interview Kerja Pertama

Tahapan ke dua ini adalah wawancara, dengan HRD. Pertanyaan standar, organisasi, kuliah, hobi dll, dan lalu pulang kembali menunggu tahapan selanjutnya ya itu wawancara dengan USER, user adalah orang yang nantinya akan menjadi atasan langsung kita.
Berselang 3 hari ada pangilan kembali, tahapan ke 3, kandidat berkurang setengahnya, hanya ada 4 orang yang di panggil kembali, Alhamdulilah ikut kepangil juga. Tahapan ke 3 wawancra yang di tanyakan adalah kemampuan B ing, analisis kasus, studi kasus, serta kemungkinan2 masalah yang timbul, dan solve kita untuk menyelesaikanya, jika kita jadi bergabung bekerja di sana, dengan mayoritas perempuan 90%, 3 Shiif, ruangan yang dingin, dll. Selesai & pulang.

Maheswari Andini - Interview Kerja Pertama

Tahapan selanjutnya tahapan ke 4, materi, sikotes, dan tes kesehatan, di lakukan secara berbarengan dalam 1 hari, dan kandidat tersisa hanya diriku, selidik punya selidik, karena ternyata HRD managernya anak pecita Alam, sama kaya diriku, jadi beliau menggambil kesimpulan, anak PA sama lah, pendidikan yang ditempa dengan sangat keras, dan mental yang teruji. And Selesai, itu adalah sedikit pengalaman wawancara kerja di salah satu perusahaan coklat terbesar di Kota Bandung.
Belajarlah bijak memilih, karena hidup adalah pilihan, dan selalu akan ada resiko dalam setiap pilihanya.

Maheswari Andini - Interview Kerja Pertama

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Air Jeruk Nipis - Diminum Pagi dan Malam Hari, serta efek sampingnya.

Tahapan Proses Fabrikasi ???

Apa itu Area Jetty ???

Piping “Test Package” Document Samur Project - Arti dan Tujuan

Line Checker "Test Package" Dalam Piping – Arti dan Maksud ???

Tahapan Activity Dalam Proses Pengerjaan Piping Gas Pipeline

Karakter Manusia (Koleris, Melankolis, Plagmatis, Sanguinis)

Process "Tie - In" - Proses Penyambungan Pipa

Apa itu MWT “Management Walkthrough” ?

Apa Hubungan Pipeline Dengan Pig Launcher And Pig Receiver ???